5 Hal Ini Pertanda Sudah Waktunya Anda Mencari Pekerjaan yang Baru

Oleh Sulung Lahitani pada 07 Okt 2020, 19:03 WIB
Diperbarui 07 Okt 2020, 19:03 WIB
Ilustrasi Kerja Keras, Berjuang
Perbesar
Ilustrasi Kerja Keras, Berjuang (Photo by Razvan Chisu on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Dalam setiap riwayat karier seseorang, ada titik di mana orang mulai merasa lelah di tempat kerja dan berpikir untuk berhenti. Ada banyak alasan di balik pemikiran tersebut, seperti: atasan yang tidak mengapresiasi kinerja karyawan, terlalu banyak mengerjakan hal yang bukan job desk-nya, masalah gaji, dan lainnya.

Apapun alasan tersebut, jika Anda merasa sudah waktunya untuk mencari tempat baru, tak ada salahnya untuk mengikuti kata hati tersebut. Akan tetapi, pertimbangkan secara matang terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan meninggalkan pekerjaan yang tengah Anda lakoni kini.

Setidaknya, ada lima hal yang menandakan sudah waktunya Anda mencari pekerjaan baru. Melansir dari Timesjobs, ini dia:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


1. Pekerjaan Anda membuat Anda lelah

Berhubungan dengan Gangguan Mental
Perbesar
Ilustrasi Stres dan Kelelahan Credit: pexels.com/pixabay

Jika Anda merasa bahwa mencapai deadlines, mendengarkan instruksi atasan, duduk di meja selama berjam-jam terasa melelahkan dan mengecewakan, bisa jasi minat Anda tak lagi selaras dengan pekerjaan.

Mungkin saja hati Anda sebenarnya terletak di tempat lain. Dalam hal ini, temukan apa yang Anda sukai dan jadikan itu mata pencaharian Anda.

 


2. Anda selalu merasa gelisah

Ilustrasi stres
Perbesar
Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Jeshoots.

Biasanya, ketika perusahaan menghadapi banyak masalah dan lingkungan kantor tak bersahabat, karyawan akan menghadapi tekanan mental dan kelelahan.

Hal ini dapat mendorong karyawan untuk mengundurkan diri karena lingkungan yang dinamis dan tak stabil dapat menurunkan semangat mereka.

 


3. Pekerjaan yang buruk

Ilustrasi Stress
Perbesar
Ilustrasi Stres karena terjerat utang | foto : istimewa

Sangat sering terjadi bahwa orang menerima tawaran pekerjaan apa pun yang datang kepada mereka. Belakangan, mereka menyesal ketika kemampuan mereka tidak sesuai dengan pekerjaan.

Taruhlah, Anda benar-benar pandai dalam programming namun diberi tugas sebagai QC. Produktivitas Anda pasti terpengaruh.

 


4. Peluang yang berlalu begitu saja

mudah lupa
Perbesar
ilustrasi perempuan stres/Photo by Engin Akyurt from Pexels

Terkadang, karyawan mulai merasa kehilangan satu peluang dan hanya membuang-buang waktu untuk pekerjaan tertentu. Hal ini secara bertahap mengakibatkan orang tersebut kehilangan minat pada pekerjaannya dan produktivitas yang buruk.

 


5. Budaya perusahaan Anda sedang menurun

Kemampuan Bekerjasama
Perbesar
Ilustrasi Bekerja di Kantor Credit: pexels.com/Christina

Ketika perusahaan jatuh dalam masa-masa sulit, budaya organisasi pun tergelincir. Contoh, ketika tiba-tiba rutinitas kerja yang fleksibel menjadi terlalu kaku akibat masa sulit. Secara tidak langsung, ini akan memengaruhi produktivitas karyawan.

Jika hal-hal tersebut Anda alami, tak ada salahnya mempertimbangkan kembali tempat Anda di perusahaan tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya