Sukses

Tragis, Vlogger Ini Tewas Dibakar Mantan Suaminya Saat Live Streaming

Keji kisah vlogger, Lamu atau yang akrab dengan sebutan Douyin di Tiktok tewas di tangan mantan suami sesaat dirinya.

Liputan6.com, Tiongkok - Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) memang marak terjadi. Kini KDRT telah menjadi isu global yang diperhatikan, terutama di masa pandemi Corona COVID-19.

Psikolog Klinis, Wulan Danoekoesoemo, mengatakan bahwa berdasarkan hasil survei yang dilakukan Komisi Nasional Perempuan (Komnas Perempuan), korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) meningkat selama pandemi.

Kondisi itu pun baru-baru ini dialami seorang vlogger dari Tiongkok. Lamu atau dikenal dengan Douyin di TikTok mengalami kekerasan hingga kehilangan nyawanya setelah dibakar oleh mantan suaminya ketika sesaat melangsungkan live streaming pada 14 September lalu.

Menurut kakak ipar Lamu, Luo, istrinya bercerita kalau adiknya itu sering mengalami kekerasan dengan dipukul oleh Tang, mantan suaminya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebabnya

Melansir dari BBC, Rabu (7/10/2020), insiden ini bermula karena Tang tak terima diceraikan pada Mei lalu. Dari hasil sidang penceraiannya, pasangan yang memiliki dua anak ini menerima hak asuh masing-masing satu anak.

Namun tak lama kemudian, Tang berniat untuk rujuk kembali bersama Lamu. Berdasarkan informasi dari Beijing Yout Daily, mantan suaminya itu sempat mengancam perempuan 30 tahun ini dengan membunuh satu anaknya apabila dirinya menolak.

Tak disangka, saat Lamu hendak melakukan siarang langsung, tiba-tiba layar berubah menjadi hitam dan sebelumnya penggemar telah mendengar teriakan.  

Ternyata, Tang menerobos masuk ke rumahnya dengan membawa sebuah pisau dan bensin. Tanpa ragu, Tang langsung menyiram mantan istrinya itu dengan bensin dan membakarnya.

3 dari 4 halaman

Perjuangan Lamu Melawan Sakitnya

Lamu pun langsung dilarikan ke rumah sakit setempat. Namun, untuk melakukan perawatan lebih lanjut, dirinya dipindahkan ke Rumah Sakit Rakyat Provinsi Sichuan. 

Melansir dari The Paper, keluarga Lamu turut meminta bantuan dana pengikutnya dan lebih dari satu juta yuan (£ 114.280) terkumpul hanya dalam 24 jam.

Dari pemeriksaan medis mengungkap bahwa 90 persen tubuhnya rusak parah. Tak kuat menahannya, Lamu pun dinyatakan meninggal dunia pada 30 September setelah dua minggu berjuang untuk bangkit.

Untungnya, mantan suami berhasil ditangkap karena dugaan pembunuhan disengaja. Penggemar berharap pihak yang berwenang memberikan hukuman yang layak dan Lamu mendapatkan keadilan yang layak dia dapatkan. 

4 dari 4 halaman

Dikenal dengan Pakaian Tibet

Sosok Lamu populer karena unggahan vlog yang menampilkan keindahan dan kehidupan pedesaan di pegunungan Tibet.

Karena totalitasnya, seringkali dirinya mengenakan pakaian Tibet saat memasak dan bernyanyi bersama dengan lagu-lagu Tibet. Tak jarang, sebagian dari 800 ribu pengikutnya kerap kali memujinya karena parasnya yang cantik tanpa diberi riasan di wajahnya.

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.