Sukses

Idap Paru Kronis, Nenek 103 Tahun Berhasil Sembuh dari Covid-19

Seorang lansia bernama Dona Maria menjadi pasien tertua di Meksiko, yang sembuh dari virus Corona Covid-19.

Liputan6.com, Meksiko - Seorang lansia bernama Dona Maria menjadi pasien tertua di Meksiko, yang sembuh dari virus Corona Covid-19. Nenek berumur 103 tahun ini sudah menjalani perawatan di rumah sakit setempat selama 11 hari.

Kabar kesembuhannya diumumkan Institut Keamanan Sosial Meksiko (IMSS).

Seperti melansir AFP, Selasa (6/10/2020), institut yang merupakan bagian dari sistem perawatan kesehatan Meksiko itu mengatakan bahwa nenek ini mengidap penyakit paru kronis, namun ia berhasil sembuh dari Covid-19. 

Kisahnya bermula pada 22 September, lansia ini dirawat di rumah sakit regional di Guadalajara di negara bagian Jalisco barat. Saat itu, ia sempat mengalami demam, kesulitan bernapas, dan pilek, namun tidak membutuhkan ventilator.

Ia lalu melakukan tes swab dan hasilnya positif Covid-19. Tetapi terlepas dari masalah paru-parunya, tidak ada faktor yang memberatkan lainnya seperti diabetes, obesitas atau tekanan darah tinggi.

"Itulah yang berkontribusi pada perawatannya," terang IMSS dalam sebuah pernyataan.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telah Kembali Pulang ke Rumah

"Dia selalu sangat ceria, berbicara jelas dengan dokter. Bahkan pada akhirnya, dia meminta kami untuk menjaga diri kami. Perkembangannya sangat baik; gejalanya telah hilang," ungkap direktur rumah sakit David Sanchez.

Pada 2 Oktober 2020, pasien tersebut telah dipulangkan ke rumahnya. Dalam foto-foto yang dirilis oleh IMSS, menunjukkan dirinya yang bertepuk tangan kepada para dokternya saat keluar dari rumah sakit dengan kursi roda.

Sejauh ini, Meksiko telah mencatat 757.953 infeksi dan 78.880 kematian akibat Virus Corona COVID-19 sejak Februari 2020. 

Salah satu kepulihan yang lebih mengejutkan adalah ketika seorang kakek berusia 118 tahun di sebelah tenggara negara bagian Tabasco dites positif COVID-19 pada 25 Juli 2020 dan berhasil sembuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.