Sukses

Viral, Emak-Emak Ngegas Ajari Anak Menghafal Pancasila

Dalam video yang beredar terlihat emak-emak itu tampak gregetan ketika tengah membantu mengeja butir-butir Pancasila pada anak lelakinya.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 memaksa setiap individu untuk melakukan adaptasi, tak terkecuali aktivitas belajar mengajar secara daring (online).

Namun, pembelajaran secara daring tak semudah yang dibayangkan. Selain guru dan siswa yang merasakan kendala ketika belajar mengajar daring tengah berlangsung, orang tua juga merasa kesulitan ketika menggantikan peran guru untuk mengajari buah hatinya di rumah.

Kondisi itu pun yang dirasakan seorang ibu yang baru-baru ini tengah menjadi perbincangan viral. Sebuah video yang menunjukkan seorang emak-emak bernama Lala tengah mengajari anaknya menghafal butir-butir Pancasila menarik perhatian warganet.

Bagaimana tidak, dalam video yang beredar terlihat emak-emak itu tampak gregetan ketika tengah membantu mengeja butir-butir Pancasila pada anak lelakinya yang bernama Rafa.

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penuh kesabaran

Rafa yang mengenakan seragam putih merah pun menirukan ejaan yang disebutkan ibunya. Namun, ejaan yang dia sebutkan malah meleset jauh.

 "Satu, yang Tuhanan yang mana Esa," ucap Rafa

Ucapan dia pun langsung dikoreksi ibunya dengan nada ngegas. "Satu, Ketuhanan Yang Maha Esa." Rafa pun berusaha mengkoreksi ucapannya dengan membacakan ulang "Ketuhanan Yang mana Esa."

Ibu Lala ikut gemas karena anaknya sudah berulang kali masih salah saat mengucapkan sila pertama Pancasila dengan benar, "Kita tidak boleh main-main Rafa, Ketuhanan Yang Maha Esa!" ucap wanita itu dengan nada tinggo.

Namun, Rafa tak kunjung bisa mengucapkan sila pertama Pancasila dengan benar.

3 dari 4 halaman

Videonya viral

Video yang diunggah akun Instagram @allartis pun beredar hingga menjadi perbincangan viral. Banyak warganet merasa terhibur dengan video ibu yang mengajari anaknya belajar tersebut.

 

 
 
View this post on Instagram

seandainya itu aku udah nelen sapunya 🤣🤣🤣

A post shared by Allartis (@allartis) on

4 dari 4 halaman

Respons warganet

Unggahan tersebut sontak menarik perhatian warganet. Banyak dari mereka pun menanggapinya dengan berbagai komentar nyeleneh.

"Waduuuuh bisa stroook kl begini," tulis akun @widya181073.

"The power of emak-emak," kata akun @kuntamarisa.

"Bisa ikut merasakan perasaan mamak'a," sahut akun @ranisyaban.

"Sampek keluar air mata yang ketawa....ingat pengalaman pribadi," komentar akun @wulanziyandiba.

"Hahahaha asli lucu yang sering terjadi d kehidupan sehari," tulis akun @arien_salisa

"Ngakak guys...sabar ya mak emak," kata tulis akun @nov1azrina

Penulis

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.