Sukses

Jangan Anggap Sepele, Ini 4 Manfaat Menakjubkan dari Tidur Siang

Berikut ini deretan manfaat yang akan kalian dapat jika rutin melakukan tidur siang setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika masih anak-anak, sebagian besar dari kamu tentu secara rutin kerap diperintahkan untuk tidur siang setiap harinya. Berbeda ketika sudah dewasa, jarang individu yang melakukan kebiasaan tersebut.

Padahal tidur siang dapat memberikan manfaat yang luar biasa loh, namun tak hanya bagi anak-anak tapi juga bagi orang dewasa.

Ya, siapa sangka kebiasaan yang kerap dianggap sepele tersebut dapat memberikan banyak manfaat yang sangat berguna.

Melansir dari Mentalfloss, Jumat (2/10/2020), berikut ini deretan manfaat yang akan kamu dapat jika rutin melakukan tidur siang setiap hari.

1. Meningkatkan sistem imun

Kurang tidur dapat memengaruhi fungsi neuroendokrin dan kekebalan tubuh Anda dengan meningkatkan molekul inflamasi yang disebut sitokin, serta hormon stres seperti kortisol dan norepinefrin.

Sebuah studi tahun 2015 di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism mengetes 11 pria muda yang sehat dengan membatasi waktu tidur mereka hanya dua jam di malam hari. Tes darah dan urin mengukur sitokin yang lebih tinggi dan kadar norepinefrin pada kedua kelompok setelah kurang tidur.

Keesokan harinya, satu kelompok diberikan dua kali tidur siang setengah jam, sedangkan kelompok yang lain tidak diberikan tidur siang. Sampel darah dan urin dari mereka yang tidur siang menunjukkan bahwa kadar sitokin dan norepinefrin mereka telah kembali normal, seolah-olah mereka tidak pernah kehilangan waktu tidur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Meningkatkan kinerja otak

Tidur siang juga tampaknya dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Namun, para peneliti menemukan bahwa tidur siang yang lebih pendek lebih efektif daripada tidur siang yang lebih lama. Waktu paling efektif tidur siang ialah 10 menit.

3 dari 4 halaman

3. Meningkatkan daya ingat

Pada tahun 2010 Neurobiology of Learning and Memory melakukan sebuah penelitian yang bertujuan apakah tidur siang juga meningkatkan daya ingat seseorang.

Dalam penelitian ini, 31 peserta yang sehat diberi tugas belajar pada pukul 12 siang untuk menghafal dua set pasangan foto objek wajah.

Objek di setiap pasangan terjadi di kedua set tetapi dipasangkan dengan wajah yang berbeda. Peserta dibagi menjadi dua kelompok mereka yang tidur siang selama 90 menit dan yang tidak. Pada pukul 16.30, peserta yang tidur siang menunjukkan retensi memori asosiatif yang lebih baik.

4 dari 4 halaman

4. Meningkatkan kreativitas

Tidur siang ternyata juga dikatakan dapat membantu meningkatkan kreativitas Anda. Seorang ahli dari University of California, Sara Mednick, menyatakan, bahwa tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik yang sama efektifnya seperti tidur malam.

Seseorang yang tidur siang juga dikatakan lebih kreatif daripada mereka yang tidak tidur siang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.