Sukses

Penuh Bakteri, Talenan Dikatakan Bisa Lebih Kotor dari Toilet

Tahukah Anda bahwa talenan dikatakan dapat lebih kotor dibandingkan dengan toilet?

Liputan6.com, Jakarta Talenan menjadi salah satu alat dapur yang sangat penting untuk digunakan sehari-hari. Talenan kerap digunakan untuk memotong berbagai sayur atau juga daging.

Umumnya talenan terbuat dari bahan kayu. Hal ini membuat talenan mudah kotor oleh sisa potongan pisau. Makanya tak heran talenan berubah warna ketika sudah lama digunakan.  

Ada baiknya kalian mengganti talenan secara rutin. Pasalnya talenan yang telah lama digunakan itu justru bisa lebih kotor ketimbang toilet. Jadi Anda perlu berhati-hati, karena menurut The Public Health Malaysia, talenan seperti itu mungkin termasuk ladang bakteri.

Dikutip dari laman World of Buzz, goresan pada talenan ternyata bisa meninggalkan noda yang mengandung jamur. Anda mungkin sering mengabaikan hal ini, dan tidak menyangka bahwa telenan bisa menjadi penyebab utama keracunan makanan, diare, muntah, dan sakit perut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak mengandung bakteri

Menurut penelitian, sekitar 1 cm persegi noda di talenan bisa mengandung lebih dari 24.000 bakteri. Hal ini karena bakteri di talenan 200 kali lebih banyak, daripada yang ada di dudukan toilet.

Meski talenan yang telah digunakan terlalu lama tidak aman dan dianggap tidak higienis Anda masih bisa menggunakannya tanpa khawatir. Namun, Anda perlu memperhatikan goresan pada telenan yang mengandung bakteri seperti Salmonella, E. Coli dan banyak lagi.

3 dari 4 halaman

Cuci secara teratur

Anda pun harus membersihkan bagian goresan itu, dan mencucinya secara teratur untuk membersihkan bakteri yang menumpuk. Selain itu, dianjurkan untuk memakai talenan secara terpisah untuk daging dan sayuran mentah. Jika tidak bakteri dari daging akan dipindahkan ke buah dan sayuran segar.

Pastikan juga, Anda tidak mencampurkan peralatan yang digunakan untuk menyiapkan daging dan sayuran mentah untuk mencegah kontaminasi silang.

4 dari 4 halaman

Ganti talenan lama

Agar lebih aman, sebaiknya ganti talenan kalau sudah lama digunakan. Namun kalau Anda menggunakan talenan kayu, bisa membersihkannya dengan menggunakan garam atau baking soda.

Cukup keringkan talenan, lalu taburi garam atau baking soda ke seluruh permukaan talenan. Lalu gosok seluruh bagian talenan yang kotor dan sudah ditaburi garam atau baking soda menggunakan busa cuci piring/kuas.

Setelah itu bisa dibilas dengan air panas hingga bersih. Sebelum digunakan, busa cuci piring/kuas harus direndam ke dalam air panas terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.