Sukses

Serba-serbi Penggunaan Masker Kain yang Wajib Kalian Tahu

Bagi kalian yang menggunakan masker kain untuk mencegah Covid-19, wajib tahu deretan hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini masker menjadi salah satu benda yang wajib digunakan oleh masyarakat Indonesia ketika keluar rumah. Hal ini guna mencegah penularan virus Covid-19 yang masih mewabah. 

Ada begitu banyak jenis masker yang kini beredar di pasaran. Salah satunya ialah masker kain yang banyak dipilih oleh masyarakat. Meski begitu penggunaan masker kain menuai pro dan kontra. Pasalnya ada yang mendukung penggunaan masker berbahan bahan dasar kain (yang bisa digunakan kembali) dan ada yang mengatakan itu sama sekali tak membantu.

Bagi Anda yang memilih untuk menggunakan masker berbahan dasar kain, Anda perlu memperhatikan beberapa hal secara baik. Mulai dari berapa lama masker itu bisa digunakan, metode pencuciannya hingga seberapa sering intensitas kita mencucinya.

Dikutip dari laman AsiaOne, Selasa (22/9/2020), setiap masker bisa dicuci hingga 30 kali. Pakar penyakit menular Leong Hoe Nam menyarankan pengguna untuk memeriksa apakah masker pas dengan wajah dan pipi mereka, karena udara tanpa filter dapat masuk melalui sisi masker yang longgar.

Jika digunakan pada siklus "pakai satu, cuci satu" setiap hari, setiap kit masker bisa bertahan selama dua bulan. Setelah itu, masker tetap dapat digunakan, tetapi efektivitas dan filtrasi antimikroba kurang efektif.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Metode Terbaik Mencuci Masker yang Dapat Digunakan Kembali?

Mencuci dan mengeringkan itu sederhana, tetapi perlu dilakukan dengan benar agar masker tetap efektif untuk jangka waktu yang lebih lama.

Gunakan sabun dengan kualitas baik dan mudah larut dalam air hangat. Jangan gunakan detergen antiseptik atau pemutih.

Produsen masker mengatakan bahwa masker dapat direndam dalam air untuk jangka waktu yang lebih lama untuk membersihkan noda kosmetik.

Tidak disarankan menggunakan penghapus riasan karena dapat mempengaruhi kualitas perlindungan masker.

 

3 dari 3 halaman

Seberapa Sering Saya Harus Cuci Masker yang Dapat Digunakan Kembali?

Masker harus dicuci setelah digunakan setiap hari, sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh Dr Leong menyarankan pengguna untuk berhati-hati saat mencuci masker karena pencucian yang agresif atau penggunaan papan cuci untuk membersihkan kain dapat merusaknya dengan cepat.

Bagaimana Cara Membuang Masker?Masker wajah harus dibuang seperti halnya masker bedah di dalam kantong sampah bersama sampah lain. Alternatifnya, masker yang sudah dibersihkan dapat didaur ulang dengan berbagai cara.

Misalnya, dapat digunakan kembali sebagai kain pembersih atau kantong untuk kacamata karena terbuat dari katun.

Mengapa Harus Setop Pakai Usai Periode yang Disarankan?Setelah 30 kali pencucian, sifat antimikroba serta filtrasi masker menjadi kurang efektif. Dr Leong menunjukkan bahwa keefektifan masker bisa turun antara 10 dan 15 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.