Sukses

Bikin Elus Dada, Viral Kawasan Malioboro Tetap Ramai Meski Masih Pandemi Corona

Meskipun pemberlakuan PSBB diperketat di DKI Jakarta, kondisi ini berbanding terbalik dengan DIY Yogyakarta yang terpantau bebas.

Liputan6.com, Jakarta Sejak 14 September lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Langkah ini sebagai menekan kasus terinfeksi COVID-19 semakin tinggi. 

PSBB di DKI Jakarta semakin diperketat. Bahkan, uang denda yang terkumpul dari pelanggar protokol kesehatan COVID-19 mencapai Rp 238 juta. Sayangnya, situasi ini berbanding terbalik di daerah.

Salah satunya, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memperlihatkan keramaian warga di tempat kuliner, Malioboro. Dari kejauhan terlihat para pengunjung berlalu lalang dengan santain tanpa jaga jarak satu sama lan yang ditunjukkan lewat unggahan video Twitter dari akun @Asyiqma.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kepadatan Lalu Lintar Sekitar Malioboro

Meskipun menggunakan masker, tetapi tetap saja masih terlihat kerumunan seseorang yang berjalan menapaki trotoar di Malioboro. 

"Bulan kemarin waktu di Yogya, malioboro padet banget. btw, kesana cuma diajak temen cari lunpia rekomen trus balik, ga betah di tempat yg rame bgt," tulis keterangan akun @Asyiqma.

Melihat hal ini warganet dibuat geram dan pesimis kondisi Indonesia kembali pulih. Apabila masyarakat tetap abai dengan menghindari keramaian. 

3 dari 3 halaman

Respon Warganet

Unggahan tersebut mengundang kerprihatinan warganet. Mereka sangat menyayangkan perilaku warga Yogyakarta yang seakan tidak peduli dengan adanya wabah virus corona ini. Banyak dari pengguna jejaring sosial yang menanggapinya dengan rasa kesal.

"Kukira cuma UMR nya aj yg rendah, ternyata kesadaran dan kepeduliannya juga rendah," tulis akun @antipolitisibsk.

"Jogja parah bgt kaya ga ada corona hish," ucap akun @AmayaNP.

"kondisi abai seperti itu tp kasus sedikit, apa orang DIY pada sakti² semua?" balas akun @boncusho.

"Skali ada yg bersin sm batuk, entah brp yang kena," sahut akun @bang_thanos.

"Mantap ank muda, lanjutkan jalanmu menuju surga," kata akun @Nazirproletar.

Penulis 

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.