5 Cara Memiliki Rambut Indah dan Tebal dengan Kopi

Oleh Yulia Lisnawati pada 17 Sep 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 17 Sep 2020, 18:00 WIB
Kopi
Perbesar
Ilustrasi Bubuk Kopi Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Bagi segelintir individu, kopi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidupnya. Namun, tahukah kamu kopi bisa melakukan lebih dari sekadar memberimu energi maupun mood yang baik?

Bagi kamu yang tengah mencari cara untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, kopi menjadi jawabannya.

Menumbuhkan rambut tampaknya kini menjadi pekerjaan berat. Bagaimana tidak, gaya hidup yang penuh tekanan, paparan kotoran, polusi, sinar matahari yang berbahaya dan pola makan yang tidak sehat berdampak besar pada rambut kita. Semua faktor itu bisa membuat pertumbuhan rambut semakin sulit.

Untuk itu, kamu perlu melakukan perawatan rambut. Namun, tak perlu khawatir, kamu tidak perlu lagi membeli produk rambut kimiawi atau melakukan perawatan di salon.

Bahan alami telah terbukti menjadi yang terbaik untuk merawat rambutmu, salah satunya kopi. Kopi menjadi cara alami paling efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kandungan kafein pada kopi membantu merangsang folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Nah, penasaran bagaimana cara menggunakan kopi untuk menebalkan rambutmu?

Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Kamis (17/9/2020).

2 dari 7 halaman

1. Kopi

Ilustrasi Kopi
Perbesar
Ilustrasi kopi (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Menjadikan kopi sebagai sampo diikuti dengan pijatan kepala bisa merangsang folikel rambut dan sangat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut.

Yang kamu butuhkan 2 sdm kopi bubuk dan 1 cangkir air. Lalu seduh kopi tersebut dengan tekstur kental dan sisihkan hingga dingin.

Selanjutnya keramas rambutmu seperti biasa dan peras kelebihan air pada rambutmu. Lalu miringkan kepalamu ke belakang dan tuangkan kopi yang telah dingin tersebut ke kulit kepala dan rambutmu.

Pijat kulit kepala selama 3-5 menit. Lalu tutupi rambutmu dengan shower cup dan biarkan selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas rambutmu dengan air hangat dan biarkan rambut kering dengan sendirinya.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan cara ini 2-3 kali seminggu.

3 dari 7 halaman

2. Kopi, Minyak Kelapa dan Yogurt

Yogurt drink
Perbesar
Ilustrasi yogurt drink. (Foto: pixabay.com)

Minyak kelapa bisa mengisi kembali protein yang hilang di rambutmu untuk memulihkan rambut yang rusak. Selain itu juga menutrisi folikel rambut untuk memperkuat rambutmu.

Sementara itu, yogurt mengandung asam laktat yang bisa mengelupas kulit kelapa secara perlahan dan menghilangkan ketombe. Folikel rambut akan menyerap nutrisi lebih baik dan membantu rambutmu tumbuh.

Yang kamu butuhkan, 2 sdm bubuk kopi, 2 sdm minyak kelapa dan 3 sdm yogurt. Pertama-tama siapkan mangkuk, masukkan bubuk kopi dan tambahkan minyak kelapa ke dalamnya. Aduk rata untuk mendapatkan pasta halus dan bebas gumpalan.

Setelah mendapat konsistensi yang tepat, tambahkan yogurt ke dalamnya. Aduk semua bahan hingga mendapatkan pasta yang mengembang.

Selanjutnya, ambil campuran ini sebanyak mungkin di tanganmu dan oleskan ke kulit kepala dan rambutmu. Lalu tutupi rambut dengan shower cup agar tidak berantakan. Biarkan masker menempel di rambutmu selama sekitar satu jam.

Setelah satu jam, cuci rambutmu seperti biasa dengan sampo. Untuk hasil yang maksimal, guanakan campuran ini 2-3 kali seminggu.

4 dari 7 halaman

3. Lulur Kopi

Kopi Hitam
Perbesar
Ilustrasi Kopi Hitam Credit: unsplash.com/PTMP

Sama seperti kulitmu, kulit kepala juga membutuhkan scrub yang menutrisi. Mengelupas kulit kepalamu dengan kopi bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala dan kualitas rambutmu.

Yang kamu butuhkan, 8 sdm kopi bubuk dan 1 cangkir air. Lalu seduh kopi dan saring untuk mengumpulkan ampas kopi. Biarkan ampas kopi benar-benar dingin.

Selanjutnya, ambil ampas kopi secukupnya dan gunakan untuk menggosok kulit kepala secara menyeluruh selama 3-5 menit. Bilas dan biarkan rambutmu mengering.

Untuk hasil maksimal, gunakan lulur ini 1-2 kali dalam seminggu.

5 dari 7 halaman

4. Kopi, Minyak Kelapa dan Minyak Almond

Minyak
Perbesar
Ilustrasi Minyak Kelapa Credit: unsplash.com/Tijana

Campuran ini akan bekerja sangat baik untuk kulit kepala yang sangat kering. Dengan efek stimulasi dari kopi dan minyak kelapa yang dicampir dengan sifat emolien minyak almond, kamu akan melihat pertumbuhan rambutmu yang sehat dalam waktu singkat.

Yang kamu butuhkan, 2 sdm kopi bubuk, 1 sdm minyak kelapa dan 1 cangkir kopi hitam. Lalu siapkan mangkuk, masukkan kopi bubuk, tambahkan minyak kelapa ke dalamnya dan aduk rata.

Oleskan campuran kopi kasar pada kulit kepala dan pijat kulit kepala dengan gerakan memutar. Biarkan di kulit kepalamu selama 15 menit lagi.

Selanjutnya, seduh secangkir kopi hitam dan sisihkan hingga dingin. Setelah 15 menit berakhir, keramas rambutmu seperti biasa. Lalu bilas rambutmu dengan kopi yang kamu seduh sebelumnya. Pastikan kopi sudah benar-benar dingin sebelum digunakan ya.

Tunggu 5 menit lagi dan bilas rambut sampai bersih. Biarkan rambutmu mengering dengan sendirinya. Gunakan campuran ini 1-2 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

6 dari 7 halaman

5. Kopi, Minyak Kelapa dan Vitamin E

minyak kelapa
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Africa Studio

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melawan radikal bebas dan stres oksidatif sehingga membuat kulit kamu bernutrisi untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Yang kamu butuhkan, 2 sdm bubuk kopi, 2 sdm minyak kelapa dan 1 kapsul vitamin E. Lalu campurkan bubuk kopi dan minyak kelapa, tusuk kapsul vitamin E dan tambahkan pada bahan lainnya. Biarkan campuran itu semalaman.

Di pagi hari, aduk campuran tersebut dan oleskan ke kulit kepala dan rambutmu. Biarkan selama 20-30 menit, lalu keramas seperti biasa.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa menggunakannya 1-2 kali seminggu.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓