Sukses

Atasi Masalah Jerawat dengan Jus Wortel, Begini Cara Menggunakannya

Ketimbang mencoba obat-obatan kimiawi, alangkah baiknya mencoba bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat di wajahmu

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang lumrah dialami individu. Kemunculan jerawat di wajah tentu sangat mengganggu, bahkan bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Ketimbang mencoba obat-obatan kimiawi, alangkah baiknya mencoba bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat di wajahmu, seperti dengan menggunakan wortel.

Wortel kaya akan vitamin A dan C. Vitamin A adalah antioksidan alami yang mendorong produksi sel kulit yang sehat dan menambah kilau alami pada wajahmu. Ini juga melindungi kulitmu dari sinar matahari yang berbahaya dan menunda proses penuaan kulit. Juga bisa membantu menyikirkan noda di wajah dan membasmi jerawat.

Nah, penasaran bagaimana menggunakan wortel untuk membasmi jerawat di wajahmu? Berikut ulasannya sepertimelansir dari Boldsky, Selasa (15/9/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Wortel

Kamu bisa menggunakan wortel yang telah di jus langsung di wajahmu, untuk menenangkan kulit dan membersihkan jerawat.

Yang kamu butuhkan, 2 sdm jus wortel segar dan kapas. Hal pertama yang perlu kamu lakukan, cuci wajah menggunakan pembersih dan keringkan.

Kemudian celupkan kapas ke dalam mangkuk berisi jus wortel dan gunakan untuk mengoleskan ke seluruh wajahmu. Lalu diamkan sampai benar-benar kering. Bilas hingga bersih.

Untuk hasil maksimal, gunakan masker ini setiap hari.

3 dari 5 halaman

2. Wortel dan Garam Laut

Garam laut mengandung sifat antibakteri yang membasmi bakteri berbahaya dan menjaga kebersihan kulitmu. Selain itu, juga membantu meningkatkan fungsi pelindung kulit dan melembabkan kulit.

Sifat penyerap yang terkandung dalam garam laut juga membantu menyeimbangkan produksi minyak di kulit. Untuk itu, garam laut ampuh untuk membersihkan jerawat.

Yang kamu butuhkan, 1 sdm jus wortel, 1 sdt garam laut dan kapas. Lalu siapkan mangkuk, masukkan jus wortel dan garam laut secukupnya. Aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur rata.

Kemudian oleskan campuran itu ke area yang berjerawat. Pijat lembut wajahmu dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Biarkan di wajahmu sampai benar-benar kering.

Lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat. Untuk hasil maksimal, aplikasikan campuran ini di wajahmu setiap hari.

4 dari 5 halaman

3. Wortel dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak esensial dan sifat antioksidan yang meningkatkan regenerasi kulit. Minyak zaitun bisa melembabkan kulit tanpa menyumbat pori-pori kulit, dan juga bisa menutrisi kulit dengan baik.

Yang kamu butuhkan, 2 sdm jus wortel, 1 sdt minyak zaitun dan kapas. Lalu campurkan kedua bahan menjadi satu dalam mangkuk. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada area berjerawat menggunakan kapas.

Biarkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan campuran ini sekali seminggu.

5 dari 5 halaman

4. Wortel dan Multani Mitti

Kulit berminyak menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Minyak berlebih akan menyumbat pori- pori kulit yang menyebabkan munculnya jerawat.

Multani mitti sangat populer di kalangan pecinta perawatan kulit karena daya serapnya. Ini tidak hanya menyerap minyak dan kotoran dari kulitmu, tapi juga membantu mengelola produksi minyak di kulit untuk menjaga masalah kulit seperti komedo, noda dan jerawat.

Yang kamu butuhkan, 1 buah wortel dan multani mitti sesuai kebutuhan. Lalu campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta halus.

Setelah itu, oleskan di wajahmu seperti menggunakan masker. Biarkan selama 10-15 menit, dan selanjutnya bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Untuk hasil yang diinginkan, gunakan campuran ini menjadi masker sekali seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.