Sukses

Meski Menegangkan, Ini 5 Manfaat Menonton Film Horor

Berikut manfaat positif menonton film horor untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Menonton film horor menjadi hal yang menegangkan serta menakutkan bagi banyak individu. Ketika menonton film horor, kamu akan merasakan takut, jantung berdebar hingga rasa kaget berulang kali.

Namun, di balik itu semua, tak banyak yang tahu bahwa menonton film horor bisa berdampak baik untuk tubuh. Seperti melansir dari Times of India, Jumat (11/9/2020), berikut manfaat positif menonton film horor untuk kesehatan.

1. Membakar kalori

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012, oleh University of Westminster di Inggris meminta 10 orang untuk menonton film horor yang berbeda. Detak jantung, keluaran karbondioksida, dan asupan oksigen dari orang-orang ini lantas dipantau saat mereka menonton film.

Orang yang menonton film paling menakutkan dan melompat beberapa kali menyebabkan pembakaran kalori (184). Ini dikatakan setara dengan berjalan selama 40 menit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Meningkatkan imun tubuh

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal Stress mengungkapkan bahwa menonton film horor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk jangka pendek dengan meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih (melawan infeksi).

3 dari 5 halaman

3. Mampu mengatasi stres

Menurut sebuah studi yang dilakukan di New York, film horor akan bisa membantu seseorang mengendalikan emosi hingga mengatasi kondisi stres sehari-hari.

Hal tersebut terjadi karena alur film horor yang menegangkan menjadikan seseorang berpikir untuk mengalihkan ketakutan, kecemasan dan stres.

Jadi ketika seseorang sedang stres, mereka mampu mengatasinya dengan mengalihkan kecemasan dan stres mereka kepada kondisi yang lebih tenang.

4 dari 5 halaman

4. Melatih adrenalin

Menonton film horor dapat memicu dan melatih adrenalin pada seluruh anggota tubuh. Rasa penasaran dan ketidakpastian di setiap adegan di film akan mengaktifkan kelenjar adrenal untuk memompa adrenalin ke seluruh tubuh sehingga memberikan dorongan energi.

5 dari 5 halaman

5. Baik untuk otak

Emosi yang terjadi saat menonton film horor menyebabkan sekresi kimia baik pada otak, seperti dopamin, serotonin dan glutamate yang dikatakan baik untuk otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.