Sukses

Tren Menggunakan Alat Penyedot komedo, Apakah Aman Bagi Kulit Wajah?

Apa saja dampak yang akan anda rasakan ketika memakai penyedot komedo, simak ulasannya dibawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Komedo menjadi salah satu permasalahan kulit yang kerap dialami banyak orang baik wanita maupun pria. Kehadiran komedo membuat rasa percaya diri menurun. Munculnya komedo diakibatkan oleh kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori wajah. Ada banyak faktor yang menyebabkan komedo mulai dari jarang membersihkan wajah, produksi minyak berlebih dan lainnya.

Namun kini ada banyak produk penyedot komedo yang menjadi tren. Penyedot komedo tersebut diklaim dapat menghilangkan komedo yang ada di hidung kita, yang berguna untuk meningkatkan tampilan kulit terlihat lebih bersih.

Penyedot komedo bekerja untuk menyedot kotoran dari pori-pori Anda. Namun, tarikannya yang kuat dapat menyebabkan kulit terkena robekan mikroskopis, yang akan menyebabkan kemerahan dan iritasi. Berikut ulasannya dilansir dari food.ndtv.com.

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Risiko Gunakan Penyedot Komedo

Penyedot kecil yang ditempatkan di atas komedo. Akan mengeluarkan minyak dan kulit mati dari pori-pori wajah kita. Meski begitu, berhati-hatilah jika Anda menggunakan jenis vakum pori dengan retinoid atau asam hidroksi, yang keduanya akan membuat kulit menjadi lebih sensitif.

Jika terlalu banyak penyedotan diterapkan pada kulit, Anda bisa menderita memar atau kondisi yang disebut telangiektasis. Telangiektasis adalah pembuluh darah kecil yang pecah di kulit. Nantinya Anda mungkin perlu merawat pembuluh darah yang rusak dengan laser untuk memperbaiki penampilan di wajah. 

Oleh karena itu ada baiknya kalian mencoba cara alami untuk menghilangkan komedo, berikut deretan tipsnya:

3 dari 6 halaman

Putih Telur

Cara yang satu ini sangat mudah dan efektif untuk menghilangkan komedo. Caranya campur putih telur dengan satu sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan biarkan benar-benar kering.

Kalian juga bisa mencoba cara lain dengan kocok putih telur dan tambahkan sekitar dua sendok teh jus lemon. Oleskan masker putih telur ini ke area yang terdapat komedo. Biarkan lapisan ini mengering. Bilas hingga bersih. 

4 dari 6 halaman

Tomat

Ini adalah obat alami yang dapat menghasilkan keajaiban untuk komedo Anda. Anda hanya perlu mengoleskan "bubur" tomat ke area yang terdapat komedo sebelum tidur dan membilasnya keesokan paginya.

Tomat juga memiliki sifat antibakteri yang mengeringkan komedo. Selain itu, tomat adalah exfoliator yang bagus, dan sifat asamnya membantu menghilangkan pori-pori.

5 dari 6 halaman

Masker Madu dan Lemon

Cara yang mudah dan efektif untuk menghilangkan komedo yang parah adalah dengan menggunakan masker lemon dan madu. Sifat astringen lemon membuka pori-pori yang tersumbat, sedangkan madu dengan sifat antibakterinya mencegah bakteri yang menyebabkan komedo.

Caranya ambil satu sendok teh jus lemon dan tambahkan setengah sendok teh madu ke dalamnya dan aduk rata. Oleskan campuran ini ke hidung Anda. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah mengering, bersihkan dengan air hangat. Ulangi 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

6 dari 6 halaman

Lulur Gula

Untuk menghilangkan komedo jahat Anda juga dapat membuat scrub gula yang dapat dibuat hanya dengan dua bahan yaitu gula dan minyak jojoba. Lulur ini dapat membantu untuk mengurangi produksi sel kulit mati dan mencegah komedo.

Caranya ambil tiga sendok makan minyak jojoba dan campur dengan satu cangkir gula putih. Aduk sampai Anda mendapatkan campuran kental yang merata.

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak almond sebagai pengganti minyak jojoba. Oleskan scrub ke kulit Anda dan pijat. Bilas scrub dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, Anda bisa menggosok setidaknya dua kali seminggu.

 

Penulis:

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.