Sukses

Deretan Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit Lutut dan Siku yang Hitam

Nah, penasaran bahan apa saja yang digunakan untuk mencerahkan kulit lutut dan siku yang menghitam? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa kulit tampak gelap di permukaan sikut dan lutut? Meski terlihat samar-samar, warna kulit gelap di bagian tertentu, khususnya lutut dan siku tentu akan mempengaruhi penampilan seseorang, bukan?

Namun, kamu tak perlu bingung untuk mencerahkannya. Ada banyak bahan dapur dan alami murah meriah yang bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan kulit lutut dan siku yang hitam.

Nah, penasaran bahan apa saja yang digunakan untuk mencerahkan kulit lutut dan siku yang menghitam? Berikut ulasannya seperti melansir dari Healthline, Kamis (17/9/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teh Hijau

Teh jenis ini dipercaya dapat mencerah kulit. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang ada di dalam teh hijau mampu mencegah penumpukan melanin yang terjadi pada area lutut dan siku.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menyeduh teh hijau di dalam gelas. Ketika teh sudah dingin, celupkan kapas dan oleskan pada area lutut dan siku. Untuk hasil yang maksimal, gunakan cara ini dua kali sehari.

 

3 dari 4 halaman

Lidah Buaya

Senyawa aloesin yang terkandung dalam lidah buaya diklaim mampu mengurangi hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari. 

Untuk meratakan warna pigmen kulit, Anda oleskan getah lidah buaya pada permukaan area tertentu dan ulangi sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu.

4 dari 4 halaman

Kunyit

Di dalam kulit, terkandung senyawa kurkumin yang bertanggung jawa atas efek yang ditimbulkan oleh melanin.

Senyawa kurkumin bisa menghambat aktivitas tirosinase. Ini membatasi pembentukan melanin yang membantu mengurangi proses hiperpigmentasi pada kulit Anda.

Yang kamu butuhkan, ½ sdt kunyit dan 1 sdm yogurt atau madu. Campurkan bahan tersebut hingga menjadi pasta kental. Lalu oleskan adonan pada area yang menghitam. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa gunakan cara ini 2-3 kali seminggu.

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.