Sukses

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Menggunakan Gadget

Penggunaan gadget sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang, berikut tips menjaga kesehatan mata.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini banyak orang yang tak bisa lepas dari ponsel. Setiap hari orang akan selalu bergantung pada ponselnya. Namun tak banyak yang menyadari bahwa penggunaannya yang salah bisa berbahaya bagi kesehatan mata.

Pengguna smartphone pada umumnya akan memegang ponsel mereka sekitar 8 inci dari wajah mereka saat menggunakannya. Padahal peneliti menyarankan untuk setidaknya memegang ponsel 12-18 inci karena jauh lebih baik untuk Anda.

Pasalnya menggunakan ponsel terlalu dekat dapat berdampak buruk pada mata. Selain itu ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata ketika menggunakan smartphone dilansir dari healthline.com.

 

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tingkatkan Ukuran Font Ponsel Anda

Ada baiknya kalianmemegang ponsel jauh dari wajah. Nah jika Anda tidak ingin menimbulkan kesulitan dengan berusaha membaca teks yang terlalu kecil kalian bisa mengubah font pada ponsel menjadi lebih besar. Terlebih lagi jika Anda berusia di atas 40 tahun, mata Anda akan bekerja lebih keras untuk membaca font yang kecil.

3 dari 5 halaman

Berkedip Lebih Sering

Ketika Anda menatap ponsel entah itu menulis pesan, membaca informasi atau melihat yang lainnya mata cenderung lebih fokus dan berkedip lebih sedikit. Akibatnya mata akan menjadi lebih kering dan hal tersebut bisa mengakibatkan mata lelah dan perih. Maka itu cobalah untuk berkedip lebih sering.

4 dari 5 halaman

Mencari Aktivitas Lain

Menggunakan smartphone nampaknya telah menjadi kebiasaan dan kita cenderung menghabiskan banyak waktu untuk membaca berbagai jenis konten bahkan hingga berjam-jam. Oleh karena itu cobalah untuk meletakkan ponsel dan melakukan sesuatu yang lain selama beberapa menit. Biarkan mata serta leher rehat sejenak dari ponsel sehingga dapat mengurangi tingkat stres juga.

 

5 dari 5 halaman

Redupkan Layar Ponsel

Bagi kalian yang kerap membaca smartphone di malam hari, cobalah untuk meredupkan layar ponsel. Melihat layar dengan cahaya yang sangat terang sebelum tidur tak hanya akan membuat mata lelah tapi juga memengaruhi kualitas tidur Anda.

Penulis

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.