Sukses

5 Manfaat Konsumsi Kulit Apel, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker

Tak banyak yang tahu, ini deretan manfaat makan kulit apel.

Liputan6.com, Jakarta - Apel menjadi salah satu buah yang disukai banyak individu'. Selain dijus, banyak orang yang senang memakan langsung atau memotongnya.

Ketika makan apel, tak sedikit individu yang lebih memilih mengupas kulitnya. Hal ini mungkin terlihat biasa, namun ada baiknya kamu menghentikan kebiasan tersebut.

Pasalnya hal tersebut bisa membuat kehilangan banyak nutrisi.  Seperti diketahui, apel memiliki kandungan vitamin dan mineral mulai dari vitamin C, kalium, serat, karbohidrat dan lainnya.

Apel juga memiliki kandungan polifenol tinggi sehingga ada efek antioksidan. Antioksidan tersebut ditemukan tak hanya di bagian dagingnya, tapi juga kulit apel. Selain itu, masih banyak lagi manfaat kulit apel untuk kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Sabtu (12/9/2020).

1. Sumber serat

Satu buah apel dikatakan memiliki 4.4 gram serat. Kandungan serat dalam kulit apel bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama, mencegah gula darah naik dan memperlambat penyerapan nutrisi. Kandungan tersebut juga nantinya dapat menurunkan kolestrol serta dapat mencegah sembelit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Sumber mineral

Sebuah studi dari Universitas Illinois menyatakan bahwa kulit apel mengandung mineral penting seperti potassium, kalsium, asam folat, zat besi dan fosforus. Mineral ini bisa membantu menguatkan tulang hingga meregulasi pertumbuhan sel dan memproduksi sel darah merah.

3 dari 5 halaman

3. Kaya akan vitamin

Mulai sekarang kamu harus berpikir dua kali jika ingin membuang kulit apel. Pasalnya kulit apel mengandung 8,4 mg vitamin C dan 98 IU vitamin A.

Saat Anda mengupas kulit apel, tentu saja kandungan tersebut akan menurun. Terlebih lagi hampir setengah kandungan vitamin C pada buah apel berada di kulitnya.

4 dari 5 halaman

4. Mencegah Kanker

Sebuah studi dari Universitas Cornell tahun 2007 menunjukkan bahwa terdapat kandungan triterpenoid pada kulit apel. Kandungan ini mampu membunuh sel kanker khususnya pada sel kanker usus besar, payudara serta liver.

Selain itu, sebuah penelitian dari American Institute for Cancer mengatakan bahwa apel merupakan sumber antioksidan yang baik yang mana dapat menurunkan resiko kanker paru-paru

5 dari 5 halaman

5. Membantu menurunkan berat badan

Selain berbagai vitamin, kulit apel memiliki kandungan ursolic acid yang dapat melawan obesitas. Ursolic acid meningkatkan lemak otot dengan merubah kalori terbakar sehingga menurunan risiko obesitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.