Sukses

5 Dampak Buruk Jika Kalian Langsung Tidur Usai Makan

Hindari tidur setelah makan jika tak ingin alami deretan masalah ini.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit dari kita yang langsung pergi tidur usai makan. Memang rasa kantuk yang muncul setelah makan tak bisa dihindari. Ini mengapa banyak orang yang tak bisa menahan rasa kantuk tersebut dan langsung tidur.

Padahal sebenarnya hal ini harus kalian hindari. Pasalnya berbaring atau bahkan tidur setelah makan dapat berdampak buruk bagi tubuh.

Mungkin banyak dari kalian yang telah mengalami beberapa gejala tetapi tidak pernah menyadari bahwa tidur setelah makan lah yang menyebabkannya.

Dikutip dari Bright Side, Senin (7/9/2020), berikut adalah 5 hal yang dapat terjadi dalam tubuh jika Anda langsung tidur setelah makan:

1. Mulas

Biasanya, asam yang diproduksi saat mencerna makanan Anda terkandung di dalam perut. Gravitasi lah yang berperan karena gaya ini memaksa aliran fluida ke bawah. Saat berbaring, asam bergerak melalui perut dan mungkin bersentuhan dengan bagian sensitif dari sistem pencernaan. Hal ini kemudian dapat menyebabkan mulas atau bahkan rasa terbakar yang menyakitkan di dada atau tenggorokan Anda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pengaruhi Kualitas Tidur

Jika Anda makan banyak sebelum tidur siang, proses pencernaan yang utuh berlanjut saat Anda tidur. Alasan setiap orang mengalami susah tidur berbeda-beda. Bisa jadi pikiran Anda lebih aktif selama tahap metabolisme sehingga menyebabkan Anda kurang tidur. Alasan lain bisa jadi Anda terbaring karena gejala mulas. Itu juga tergantung pada jenis makanan yang Anda makan dan berapa banyak yang Anda makan.

3 dari 5 halaman

3. Alami Mimpi Buruk

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, metabolisme Anda yang dipicu menyebabkan otak Anda menjadi lebih aktif. Anda memasuki tidur yang disebut gerakan mata cepat (REM), yang merupakan waktu di mana kebanyakan mimpi terjadi.

Jadi, jika Anda menyadari bahwa Anda mengalami mimpi yang sangat jelas atau mungkin bahkan menyeramkan, cobalah untuk tidak makan begitu dekat dengan waktu tidur siang.

4 dari 5 halaman

4. Buang Air Kecil Tengah Malam

Beberapa orang mengalami peningkatan kebutuhan buang air kecil di malam hari yang dikenal sebagai nokturia. Ini bisa terkait dengan jumlah kafein dalam makanan yang Anda konsumsi.

Artinya makanan Anda bisa bersifat diuretik atau dengan kata lain membuat Anda harus lebih sering buang air kecil. Ini tentu saja dapat ditemukan dalam kopi. Tapi yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa itu juga ada dalam teh atau makanan yang mengandung coklat dan sejumlah obat.

5 dari 5 halaman

5. Berat Badan Bertambah

Ketika Anda tidur tepat setelah makan, Anda tidak memberi tubuh cukup waktu untuk membakar kalori dari makanan Anda. Jadi, meskipun Anda mungkin merasa sangat mengantuk setelah makan besar dan ingin langsung tidur, lebih baik mencoba dan tetap terjaga jika Anda tidak ingin berat badan berlebih menumpuk di dalam tubuh. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.