Sukses

Alasan Mengapa Perut Berbunyi Ketika Lapar

Pernahkah kalian bertanya-tanya mengapa perut bisa berbunyi ketika dalam keadaan lapar?

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu mendengar perutmu berbunyi ketika lapar? Ya, sebagian besar dari kamu tentu pernah mengalaminya. Lantas pernahkah bertanya-tanya mengapa perut bisa berbunyi ketika dalam keadaan lapar?

Saat perut dalam keadaan kosong dan lapar, perut terkadang mengeluarkan bunyi gemuruh kecil. Dalam bahasa Yunani kondisi ini disebut dengan "borborygmi." Sementara itu, masyarakat kita biasa menyebutnya dengan "keroncongan."

Bunyi perut umumnya terkait dengan rasa lapar, namun seperti dikutip dari Menshealth, Rabu (9/9/2020), sebenarnya perut mengeluarkan bunyi sepanjang waktu tidak hanya saat lapar saja.

Suara gemuruh dari dalam perut sebetulnya berasal dari gas berlebih yang bergerak bolak-balik di dalam saluran pencernaan. Suara gemuruh di perut itu merupakan indikasi bahwa kita perlu mengisi perut untuk membantu saluran pencernaan mendapatkan nutrisi yang perlukan dari darah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan mereda ketika perut kenyang

Ketika perut dalam keadaan kenyang pun perut bisa bergemuruh. Namun, suara yang timbul cenderung lebih halus tak sekeras ketika perut dalam keadaan kosong.

Ketika perut diisi makanan, suara gemuruh akan mereda. Saluran pencernaan pun akan fokus menyerap makanan alih-alih hanya mengalirkan udara bolak-balik.

3 dari 3 halaman

Bisa jadi masalah pencernaan

Bunyi perut memang menjadi hal yang lumrah. Namun, jika kamu mengalami bunyi perut yang semakin sering, bisa jadi itu pertanda masalah pencernaan atau bahkan pertanda kamu akan mengalami diare.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.