Wortel Bantu Atasi Masalah Jerawat di Wajah, Begini Cara Menggunakannya

Oleh Liputan6dotcom pada 17 Nov 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 17 Nov 2020, 10:00 WIB
Buah dan Sayur
Perbesar
Ilustrasi wortel | Via: Science Alert

 

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit wajah yang sehat dan mulus tentu menjadi dambaan setiap individu, khususnya para kaum hawa. Namun, timbulnya jerawat secara tiba-tiba tentu tak bisa dihindari.

Ketimbang mencoba obat-obatan kimiawi, alangkah baiknya mencoba bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat di wajahmu, seperti dengan menggunakan wortel.

Wortel dikenal kaya akan vitamin A yang membantu mendorong produksi sel kulit yang sehat dan menambah kilau alami pada wajah Anda. Tidak hanya itu, vitamin C di dalamnya pun berperan meningkatkan elastisitas kulit sehingga membuat kulit Anda lembut dan halus.

Masih banyak lagi nutrisi yang Anda dapatkan, potasium, kalsium, natrium, dan beta-karoten, semuanya penting untuk menjaga kesehatan kulit dan bebas jerawat.

Nah, penasaran bagaimana menggunakan wortel untuk membasmi jerawat di wajahmu? Berikut ulasannya sepertimelansir dari Times of India, Senin (16/11/2020).

2 dari 5 halaman

1. Wortel

puding wortel
Perbesar
puding wortel/copyright: pexels.com/pixabay

Sayur berwarna oranye ini bisa dimanfaatkan sebagai masker. Ini berkhasiat untuk menenangkan dan membebaskan kulit Anda dari jerawat membandel.

Anda hanya memerlukan dua sdm wortel yang telah dihaluskan. Untuk mengaplikasiannya pun sangat mudah. Pastikan wajah Anda sudah bersih terlebih dahulu, lalu oleskan wortel yang telah menjadi bubur ke seluruh permukaan kulit dengan kapas. Tunggu hingga mengering dan langsung bilas.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa menggunakannya secara rutin.

3 dari 5 halaman

2. Wortel dan Garam Laut

5 Mitos Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Ternyata Tak Benar
Perbesar
Wortel mengandung vitamin A baik untuk kesehatan mata (Sumber: Pixabay)

Garam laut nyatanya bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit wajah Anda. Sifat antibakteri di dalamnya mampu menghangatkan bakteri berbahaya dan menjaga kebersihan kulit Anda.

Khasiat lainnya, garam memerankan fungsi penyerapan di kulit Anda. Proses penyerapan ini membantu menyeimbangkan produksi minyak dan menyerang jerawat hinggap di permukaan kulit Anda.

Yang kamu butuhkan, 1 sdt garam, 1 sdm wortel yang telah dihaluskan dan kapas. Lalu campurkan kedua bahan tersebut hingga rata.

Selanjutnya, celupkan kapas pada campuran tersebut. Lalu oleskan pada kulit wajahmu sambil memijatnya perlahan dengan gerakan melingkar. Diamkan hingga mengering, setelah itu bilas dengan air hangat.

Lakukan perawatan ini setiap hari dan lihat perubahannya pada kulit Anda.

4 dari 5 halaman

3. Wortel dan Minyak Zaitun

3 Cara Hilangkan Kulit Kering di Wajah Tanpa Dokter
Perbesar
Masker wortel dapat meredakan kulit kering. (via: istimewa)

Kandungan asam lemak esensial dan sifat antioksidan pada minyak zaitun meningkatkan regenerasi kulit Anda. Selain itu, minyak zaitun memanjakan kulit Anda dengan menjaga kelembapan kulit secara maksimal. Jadi, Anda tak perlu takut pori-pori tersumbat.

Bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah. Kamu hanya memerlukan 2 sdm wortel yang telah di jus, 1 sdt minyak zaitun dan kapas. Cara mengaplikasnnya juga serupa dengan perawatan sebelumnya, hanya saja Anda perlu mendiamkan campuran tersebut hingga kering selama 10-15 menit.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengaplikasikan perawatan ini seminggu sekali.

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓