Sukses

Alami Insomnia yang Bikin Stres? Coba 4 Cara Ini untuk Mengatasinya

Kualitas tidur malam yang baik akan membuat Anda merasa fresh pada pagi hari.

Liputan6.com, Jakarta Tidur nyenyak secara langsung dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda. Namun banyak dari kita yang secara teratur bangun tidur di malam hari, berjuang untuk mendapatkan tidur yang kita butuhkan.

Tidur nyenyak mungkin tampak seperti tujuan yang mustahil jika Anda masih belum tertidur pada jam 3 pagi. Tetapi Anda memiliki kendali lebih besar atas kualitas tidur Anda daripada yang mungkin Anda sadari.

Seperti yang Anda rasakan selama jam bangun Anda bergantung pada seberapa baik Anda tidur di malam hari, demikian pula obat untuk kesulitan tidur sering kali dapat ditemukan dalam rutinitas harian.

Kebiasaan siang hari yang tidak sehat dan pilihan gaya hidup dapat membuat gelisah ketika malam hari dan berdampak buruk pada suasana hati, kesehatan otak dan jantung, sistem kekebalan, kreativitas, vitalitas, dan berat badan.

Tetapi dengan tips-tips berikut, Anda dapat menikmati tidur yang lebih nyenyak di malam hari, meningkatkan kesehatan Anda, dan meningkatkan cara berpikir dan perasaan Anda di siang hari. Berikut ulasannya seperti dilansir dari helpguide.org.

Simak Video Pilihan Dibawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menjaga siklus tidur secara teratur

Jika Anda menjaga jadwal tidur dan bangun secara teratur, Anda akan merasa jauh lebih segar dan berenergi dibandingkan jika Anda tidur dengan jumlah jam yang sama pada waktu yang berbeda, bahkan jika Anda hanya mengubah jadwal tidur Anda satu atau dua jam.

Cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini membantu mengatur jam internal tubuh Anda dan mengoptimalkan kualitas tidur. Pilih waktu tidur saat biasanya merasa lelah, agar tidak bolak-balik.

Jika Anda cukup tidur, Anda akan bangun secara alami tanpa alarm. Jika Anda membutuhkan jam alarm, Anda mungkin membutuhkan waktu tidur lebih awal.

3 dari 5 halaman

2. Berolahragalah

Orang yang berolahraga secara teratur tidur lebih nyenyak di malam hari dan merasa kurang mengantuk di siang hari. Olahraga teratur juga memperbaiki gejala insomnia dan sleep apnea, serta meningkatkan jumlah waktu tidur yang nyenyak.

Tetapi bahkan olahraga ringan seperti berjalan kaki hanya 10 menit sehari meningkatkan kualitas tidur. Diperlukan waktu beberapa bulan untuk melakukan aktivitas rutin sebelum Anda mengalami efek yang meningkatkan kualitas tidur. Jadi bersabarlah dan fokuslah membangun kebiasaan olahraga yang rutin.

4 dari 5 halaman

3. Cerdaslah memilih makan dan minum

Kebiasaan makan di siang hari berperan dalam seberapa baik Anda tidur, terutama pada jam-jam sebelum tidur. Batasi kafein dan nikotin. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kafein dapat menyebabkan masalah tidur hingga sepuluh hingga dua belas jam setelah meminumnya.

  1. merokok adalah stimulan lain yang dapat mengganggu tidur Anda, terutama jika Anda merokok menjelang waktu tidur
  2. Hindari makan besar di malam hari. Cobalah untuk membuat waktu makan malam lebih awal di malam hari, dan hindari makanan berat dan kaya dalam waktu dua jam setelah tidur.
  3. Makanan pedas atau asam bisa menyebabkan sakit perut dan mulas.Hindari alkohol sebelum tidur. Meskipun minum minuman keras dapat membantu Anda rileks, minuman itu mengganggu siklus tidur Anda setelah Anda keluar.
  4. Hindari minum terlalu banyak cairan di malam hari. Meminum banyak cairan dapat mengakibatkan seringnya pergi ke kamar mandi sepanjang malam.
5 dari 5 halaman

4. Tenang dan bersihkan pikiran Anda

Apakah Anda sering tidak bisa tidur atau sering terbangun malam demi malam? Sisa stres, kekhawatiran, dan amarah dari hari-hari Anda bisa membuat Anda sangat sulit untuk tidur nyenyak.

Mengambil langkah untuk mengelola tingkat stres Anda secara keseluruhan dan mempelajari cara menghilangkan kebiasaan khawatir dapat memudahkan Anda untuk bersantai di malam hari.

Anda juga dapat mencoba mengembangkan ritual waktu tidur yang menenangkan untuk membantu Anda mempersiapkan pikiran untuk tidur, seperti mempraktikkan teknik relaksasi, mandi air hangat, atau meredupkan lampu dan mendengarkan musik yang lembut.

Penulis

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.