Sukses

Viral Anjing Berjalan dengan 2 Kaki Belakang, Netizen Curiga Dianiaya Pemiliknya

Video anjing yang berjalan dengan dua kakinya tuai hujatan dari netizen.

Liputan6.com, Jakarta - Anjing dikenal sebagai sahabat manusia, karena sikapnya yang setia dan royal banyak yang menjadikan anjing sebagai hewan peliharaan favorite.

Dianggap dapat menjadi teman yang spesial yang membawa kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya. Bahkan keberadaannya bisa sangat berarti bagi di kalangan dog lovers. 

Baru-baru ini, viral video anjing yang membuat netizen terharu. Seekor anjing pudel berwarna cokelat terlihat dalam video tersebut. Anjing kecil itu mengenakan atasan putih, celana panjang, dan ransel sambil terlihat berlari dengan dua kaki belakangnya di sepanjang jalan di China.

Video yang diunggah oleh akun Tiktok @eliaschapman783 itu kemudian trending. Video itu memperlihatkan anjing sedang berjalan tegak layaknya seperti manusia. Sementara itu beberapa netizen menduga bahwa anjing  tersebut dianiaya oleh pemiliknya.

 

Saksikan Video Dibawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Diduga sebagai animal abuse

Para pecinta dan aktivis hewan memperingatkan orang-orang agar tidak membagikan video hewan serupa. Mereka mengklaim hewan-hewan ini dianiaya.

Banyak yang menganggap bahwa anjing tersebut dipaksa agar bisa berjalan dengan kaki belakangnya karena tidak alami bagi anjing untuk berjalan seperti ini. Seekor anjing memiliki empat kaki tidak wajar jika Ia berjalan dengan kedua kaki belakangnya.

Ada juga banyak akun lain dengan anjing yang sangat mirip juga berjalan dengan kaki belakang mereka seperti manusia. Di sisi lain ini, bukan pertama kalinya seekor anjing yang berjalan dengan kaki belakangnya menjadi viral.

3 dari 5 halaman

Menurut Komite Kesejahteraan Hewan

Tetapi menurut International Business Times, pemilik anjing mengklaim anak anjing itu memilih untuk berjalan dengan kaki belakangnya atas kemauannya sendiri dan tidak pernah dilecehkan.

Meskipun Komite Kesejahteraan Hewan Asosiasi Kedokteran Hewan Kanada (CVMA) sama sekali tidak memaafkan perlakuan kasar terhadap hewan atau teknik pelatihan yang tidak manusiawi, Dr. Patricia Alderson mengatakan tidak mudah untuk mendeteksi jika seekor anjing telah dianiaya.

Menurut Patricia bahwa anjing terkadang akan melakukan jenis trik ini sendiri tanpa pelatihan apa pun. Ini bisa terjadi karena itu bagian dari perilaku mereka,  kecuali ada luka fisik, atau sesuatu yang mencurigakan.

“Kita tidak tahu pelatihan yang ada di balik itu. Semoga pelatihan menggunakan teknik dengan cara yang manusiawi," kata Dr. Patricia.

Banyak pemilik hewan peliharaan telah tertangkap dalam video menggunakan metode pelatihan negatif dan pelecehan secara tidak manusiawi untuk melatih hewan melakukan jenis aksi ini seperti yang di bawah ini. 

4 dari 5 halaman

Untuk mendeteksi perlakuan animal abuse

Melansir dari asiaone.com, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang mungkin menandakan kekejaman terhadap hewan, menurut BCSPCA:

  1. Hewan tersebut tidak diberi makan, air, tempat berlindung, ventilasi, cahaya, ruang, olahraga, perawatan, atau perawatan hewan yang memadai.
  2. Hewan itu kurus dan kurus
  3. Hewan itu terluka atau terluka
  4. Hewan tersebut dipelihara dalam kondisi yang buruk
  5. Rambut binatang itu kusut parah
  6. Hewan tersebut mengalami infeksi yang tidak diobati
  7. Jika Anda yakin ada hewan yang disiksa, CVMA menyarankan untuk menghubungi otoritas setempat Anda untuk melaporkan dugaan pelecehan tersebut.
5 dari 5 halaman

Respons Warganet

Sementara itu menuai banyak respons dari warganet, menyayangkan hal itu terjadi kepada anjing pudel tersebut.

"Gak ada anjing yang jalan pake 2 kakiItu pemiliknya patut d curigai.Anjing/kucing itu peliharaan,,bukan babu yg dsuruh bawa barang² Apalagi jalan pake 2 kaki." tulis akun @adhichronique

"Nah sepemikiran. Anjing kan fitrahnya berjalan 4 kaki, bukan 2 kaki. Kebayang gimana keras ajaran majikan smpi anjing berjalan spt manusia dg 2 kaki. Gak tega akutuuuh" balas akun @ViantyTJP

"pas kaki depannya nyentuh lantai sebentar trs lgsg loncat lg like there's nothing happen, i just kno that the dog was tired." tulis akun @TaNeyah_2

"Gue bukan pecinta binatang tpi ini kasihan banget anjingnya d suruh jalan pakai dua kaki sambil gendong keranjang :( ." kata akun @Odnoliub_me

"jahat bgt, kalo ga salah perna baca anjing kalo kelamaan kek berdiri pake 2 kaki belakang nya terus bisa kenapa2 gitu. Kasian tauk ih suruh bawa belanjaan jg, parah majikannya:( ." tulis akun @rasellen

Penulis 

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.