Sukses

Studi Terbaru: Penderita Covid-19 Sebaiknya Tidak Berolahraga Dulu, Ini Sebabnya

Berolahraga ternyata dapat memperparah penularan virus Corona pada penderita

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat diragukan bahwa olahraga baik untuk kesehatan. Ini membantu Anda menjaga berat badan, menjaga kadar gula darah, mengurangi risiko kardiovaskular, penyakit pernapasan, dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Para ahli menyarankan setiap orang harus berolahraga 30 hingga 45 menit setiap hari untuk berumur panjang dan bebas penyakit. Beberapa orang bahkan beralih ke olahraga saat merasa tidak enak badan karena dapat meningkatkan sirkulasi dan membuat mereka merasa lebih baik.

Namun, pernyataan ini mungkin tidak benar bagi mereka yang terinfeksi virus corona. Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa berolahraga saat terinfeksi virus corona dapat memperburuk gejala penyakitnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bagaimana olahraga dan virus corona saling terkait

Berdasarkan studi terbaru yang diterbitkan di JAMA Cardiology, peneliti Jerman menemukan bahwa melakukan olahraga ringan sekali pun saat menderita infeksi virus corona ringan, bisa berbahaya dan menyebabkan masalah jantung yang serius. Ini juga dapat memperburuk gejala COVID-19 dan dapat menyebabkan miokarditis pada beberapa pasien, yaitu radang otot jantung (miokardium).

Untuk penelitian tersebut, para peneliti melakukan tes MRI jantung pada 100 orang dewasa yang telah pulih dari COVID-19. Dari semuanya, setengah dari peserta memiliki gejala ringan hingga sedang dan sekitar 18 persen tidak memiliki gejala.

Namun pengujian tersebut dilakukan dua hingga tiga bulan setelah mereka terdiagnosis COVID-19 dan saat itu tidak ada satu pun dari mereka yang mengalami gejala jantung terkait dengan virus corona baru. Tetapi 78 di antaranya mengalami perubahan struktural pada jantungnya, dan 60 menderita miokarditis.

 

3 dari 6 halaman

Sebab berolahraga dapat berbahaya bagi penderita Covid-19

Saat berolahraga, curah jantung jantung kita meningkat. Ini bisa berarti peningkatan replikasi virus di otot jantung. Begitu viral load menjadi lebih tinggi, ini dapat menyebabkan kerusakan jantung dalam bentuk miokarditis, aritmia, dan gagal jantung.

Yang terbaik adalah terus memantau detak jantung Anda saat menderita COVID-19. Jika detak jantung Anda tiba-tiba melonjak dan Anda merasa sulit untuk mengatur napas, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

 

4 dari 6 halaman

Saran para ahli

Para ahli mendukung temuan terbaru dan mengatakan bahwa orang-orang dari semua kelompok umur, terutama para lansia harus berhati-hati saat kembali berolahraga setelah pulih dari COVID-19.

Dr Rommel Tickoo, Associate Director, Internal Medicine of Max Healthcare mengatakan, "Pasca COVID seseorang harus berhati-hati jika ingin kembali berolahraga terutama pada kelompok usia lanjut dan mereka yang memiliki penyakit penyerta."

"Ada pasien tertentu yang akhirnya kena serangan jantung, stroke, atau emboli paru bahkan setelah 2 minggu pasca sakit," tambahnya seperti dilansir dari TimesofIndia.

 

5 dari 6 halaman

Pastikan benar-benar sembuh

Dr Soumya V, Konsultan Senior - Pengobatan Keluarga, Apollo TeleHealth juga menyarankan bahwa sebaiknya hindari berolahraga sampai sembuh total.

Dia menegaskan, "Pada fase akut penyakit ini, olahraga dapat mempercepat replikasi virus, peningkatan respons inflamasi yang mengakibatkan peningkatan nekrosis seluler dan substrat miokard proaritmia yang tidak stabil. Karena itu, umumnya disarankan untuk menghindari latihan olahraga selama aktivitas infeksi yang aktif."

 

6 dari 6 halaman

Kapan boleh kembali berolahraga?

Bukti menunjukkan bahwa terlibat dalam terlalu banyak aktivitas fisik saat menderita COVID-19 dapat berbahaya. Dr Tickoo mengatakan bahwa jika Anda berniat untuk kembali berolahraga maka tunggu setidaknya 4 minggu setelah sakit. Bahkan hal tersebut pun hendaknya dilakukan dengan perlahan dan lakukan latihan ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.