Sukses

Soda Kue hingga Teh, 4 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Pengganti Sampo

Berikut adalah deretan bahan dapur yang bisa jadi alternatif untuk menggantikan sampo.

Liputan6.com, Jakarta Keramas menjadi hal yang kerap dilakukan banyak orang secara rutin. Setidaknya orang keramas setiap dua kali sehari. Ketika keramas, salah satu hal terpenting yang diperlukan adalah sampo. 

Namun rupanya tak selalu sampo loh, ada juga sejumlah bahan-bahan di rumah yang bisa menjadi alternatif ketika persediaan sampo di rumah habis.

Mengutip Bright Side berikut adalah deretan bahan dapur yang bisa jadi alternatif untuk menggantikan sampo:

Soda Kue

Kalian mungkin sering menggunakan soda kue untuk membuat kue. Namun soda kue sebenarnya adalah exfoliant alami yang berarti dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran, mengurangi minyak berlebih, serta membantu menghilangkan kulit kepala dari kulit kepala yang bersisik dan gatal. Secara keseluruhan, ini dengan lembut dapat mendetoksifikasi rambut Anda.

Caranya, gunakan satu sendok makan soda kue untuk satu gelas air. Rambut tebal dan keriting membutuhkan lebih banyak soda, sedangkan rambut tipis dan kering membutuhkan lebih sedikit. Tuang ke dalam botol dan kocok hingga soda larut. Peras campuran tersebut ke rambut basah Anda dan gosokkan mulai dari akarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cuka Apel

Karena keasamannya, cuka sari apel dapat memperlambat pertumbuhan jamur yang sering menyebabkan rambut rontok. Ini juga dapat menyediakan mineral dan vitamin penting untuk mendukung kilau, kekuatan, dan kehalusan, membantu menjaga warna rambut, dan menyesuaikan keseimbangan pH rambut.

Caranya, campur satu sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air dalam botol dan kocok. Tuangkan ke rambut Anda setelah Anda keramas, lalu bilas hingga bersih.

3 dari 4 halaman

Air Lemon

Lemon adalah pembangkit tenaga nutrisi dan salah satu alternatif termurah dan termudah untuk sampo. Asam sitrat dalam lemon memiliki sifat anti-mikroba, dan karena pengatur pH-nya, lemon menjadikannya pembersih yang hebat, terutama untuk rambut yang berketombe. 

4 dari 4 halaman

Teh

Ini juga mungkin terdengar aneh, tetapi lain kali ketika Anda merebus air untuk membuat secangkir teh yang enak, buatlah untuk rambut Anda juga.

Berkat kafein, teh mendorong aliran darah, hidrasi kulit, dan pengiriman oksigen ke dalam tubuh Anda - dan semua hal ini secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.