Sukses

Cegah Penularan Covid-19 Lewat Ponsel Anda dengan Cara Ini

Melawan penyebaran virus corona dengan rajin bersihkan layar ponsel Anda.

Liputan6.com, Jakarta Studi awal menunjukkan bahwa virus Corona mungkin dapat bertahan di beberapa permukaan termasuk ponsel kesayangan Anda selama sembilan hari atau bahkan lebih lama. Tetapi sejauh ini tidak ada cukup bukti untuk menentukan apakah virus dapat menginfeksi Anda setelahnya.

Saat kasus virus Corona melonjak di seluruh negeri dan planet ini, mengetahui cara mencuci tangan dengan benar serta memakai penutup wajah akan membantu menurunkan risiko Anda.

Membersihkan ponsel Anda lebih sering adalah ide yang bagus, tetapi apa cara yang benar untuk menghilangkan kotoran tanpa merusak perangkat Anda?

Jika kemungkinan virus Corona hidup di permukaan yang paling sering Anda sentuh seperti paket, pakaian, atau sepatu, apalagi ponsel, itu tentu akan membuat Anda merasa cemas.

Secara umum kuman apa pun yang ada di ponsel Anda, ada kemungkinan berpotensi berpindah ke jari dan wajah Anda. Berikut ulasan cara mencegahnya melansir dari theladders.

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berapa lama virus bertahan di layar ponsel?

"Corona virus baru dapat hidup di permukaan selama beberapa hari," ujar Rudra Channappanavar, seorang ahli imunologi yang telah mempelajari virus corona di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Tennessee.

Lebih khusus lagi, virus dapat hidup di layar ponsel Anda hingga 96 jam jika terbuat dari kaca. Artinya jika virus hinggap di ponsel Anda, ia dapat hidup di sana selama empat hari penuh pada suhu ruangan.

Dengan informasi ini, Anda harus tahu bahwa secara teori, akan mudah untuk menemukan virus ini di layar ponsel Anda.

3 dari 4 halaman

Apa langkah terbaik?

Masyarakat menginginkan cara terbaik untuk menghindari tertular virus corona baru, tetapi menurut para ahli kesehatan praktik terbaik yaitu dengan menjaga pola kebersihan yang baik. Dengan mencuci tangan sesering mungkin selama 20 detik dan tutupi mulut  saat batuk ini semua adalah rekomendasi yang telah kita dengar sepanjang hidup kita.

Selama pandemi masih berlangsung, penting untuk memastikan Anda membersihkan permukaan yang sering Anda sentuh. Virus yang menyebar dengan cepat melalui sentuhan malah lebih cepat daripada batuk dan bersin.

4 dari 4 halaman

Cara membersihkan permukaan yang terkontaminasi COVID-19?

Anda bisa aman dengan membersihkan permukaan di sekitar Anda, meskipun Anda tidak menduga bahwa permukaan tersebut telah terinfeksi.

Perusahaan Apple merekomendasikan untuk membersihkan ponsel dengan kain "mikrofiber" yang sedikit lembab dan sabun, tetapi tisu bayi atau wajah juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Larutan setengah air dan setengah alkohol juga bisa digunakan, tetapi pastikan untuk menghindari celah di ponsel Anda dengan teknik ini.

Penulis

Fayola Gishlaine

Universitas Mutlimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.