Sukses

Selain Chadwick Boseman, 7 Figur Ternama Dunia Ini Juga Wafat Lantaran Kanker

Pemeran Black Panther ini meninggal dunia karena penyakit kanker usus. Chadwick Boseman mengidap kanker selama empat tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Dukacita menyelimuti dunia hiburan Hollywood. Chadwick Boseman (43), yang tersohor sebagai pemeran Black Panther, wafat akibat penyakit kanker usus yang diidap selama empat tahun.

Chadwick Boseman, yang selama ini merahasiakan penyakitnya, mengembuskan napas terakhir di rumahnya di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 28 Agustus 2020 waktu setempat. Demikian seperti dikutip dari Deadline dan TMZ, Sabtu 29 Agustus 2020.

Untuk diketahui, kanker adalah penyakit yang menyerang jutaan orang setiap tahun dan tanpa pandang bulu. Penyakit itu pun turut menyerang beberapa orang paling terkenal di dunia, tak terkecuali Chadwick Boseman.

Seperti dilansir Ranker, berikut sejumlah figur ternama dunia yang juga tutup usia akibat penyakit kanker:

 

*Pesan redaksi: menjaga pola hidup sehat (salah satunya dengan tidak merokok) dan berkonsultasi dengan dokter secara rutin adalah beberapa cara terbaik untuk mencegah atau menangani kanker sedari dini.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. David Bowie

David Robert Jones (8 Januari 1947 - 10 Januari 2016), dikenal secara profesional sebagai David Bowie adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan aktor Inggris.

Dia adalah tokoh terkemuka dalam industri musik dan dianggap sebagai salah satu musisi paling berpengaruh di abad ke-20. Ini diakui oleh para kritikus dan musisi, terutama untuk karya inovatifnya selama dekade 1970-an.

Pada 10 Januari 2016, penyanyi, penulis lagu, dan aktor Inggris David Bowie meninggal di rumahnya di Lafayette Street di New York City, Amerika Serikat, setelah menderita kanker hati selama 18 bulan. Dia meninggal dua hari setelah rilis album studio kedua puluh lima, Blackstar, yang bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-69.

Bowie didiagnosis menderita kanker hati pada pertengahan 2014.

3 dari 8 halaman

2. Alan Rickman

Alan Sidney Patrick Rickman (21 Februari 1946 - 14 Januari 2016) adalah seorang aktor dan sutradara Inggris.

Populer dikenal sebagai pemeran Severus Snape dalam serial film Harry Potter dan antagonis Hans Gruber dalam film Die Hard, Rickman meninggal akibat kanker pankreas pada 2016.

Pada Agustus 2015, Rickman sempat menderita stroke ringan, yang menyebabkan diagnosis kanker pankreas. Ia mengungkapkan fakta bahwa ia menderita kanker stadium akhir hanya kepada orang kepercayaan terdekatnya. Pada 14 Januari 2016, Rickman meninggal di London pada usia 69 tahun.

4 dari 8 halaman

3. Walt Disney

Walter Elias Disney (5 Desember 1901 - 15 Desember 1966) adalah seorang pengusaha, animator, penulis, pengisi suara dan produser film Amerika. Seorang pelopor industri animasi Amerika, ia memperkenalkan beberapa perkembangan dalam produksi kartun. Sebagai produser film, Disney memegang rekor untuk Academy Awards terbanyak yang diperoleh perorangan, setelah memenangkan 22 Oscar dari 59 nominasi

Disney telah menjadi perokok berat sejak Perang Dunia I. Dia tidak menggunakan rokok dengan filter dan telah merokok pipa sebagai seorang pemuda. Pada November 1966, dia didiagnosis menderita kanker paru-paru dan dirawat dengan terapi kobalt.

Pada 30 November 1966, dia merasa tidak enak badan dan dibawa ke Rumah Sakit St. Joseph di mana, pada 15 Desember, sepuluh hari setelah ulang tahunnya yang ke-65, dia meninggal karena gangguan peredaran darah yang disebabkan oleh kanker. Jenazahnya dikremasi dua hari kemudian dan abunya dikuburkan di Forest Lawn Memorial Park di Glendale, California.

5 dari 8 halaman

4. Bob Marley

Robert Nesta Marley, OM (6 Februari 1945 - 11 Mei 1981) adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan musisi Jamaika. Dianggap sebagai salah satu pelopor reggae, karier musiknya ditandai dengan peleburan elemen reggae, ska, dan rocksteady, serta vokal dan gaya penulisan lagunya yang khas.

Kontribusi Marley pada musik meningkatkan visibilitas musik Jamaika di seluruh dunia, dan menjadikannya tokoh global dalam budaya populer selama lebih dari satu dekade.

Pada tahun 1977, Marley didiagnosis menderita melanoma lentiginous acral; dia meninggal karena sakit pada 1981.

6 dari 8 halaman

5. Steve Jobs

Steven Paul Jobs (24 Februari 1955 - 5 Oktober 2011) adalah seorang raja bisnis, desainer industri, investor, dan pemilik media Amerika. Dia adalah ketua, kepala eksekutif (CEO), dan salah satu pendiri Apple Inc., ketua dan pemegang saham mayoritas Pixar, anggota dewan direksi The Walt Disney Company setelah akuisisi Pixar, dan pendiri, ketua , dan CEO NeXT.

Jobs didiagnosis dengan tumor neuroendokrin pankreas pada tahun 2003. Ia meninggal karena henti napas terkait tumor tersebut pada usia 56 pada tanggal 5 Oktober 2011.

7 dari 8 halaman

6. Zhou Enlai

Zhou Enlai (5 Maret 1898 - 8 Januari 1976) adalah Perdana Menteri pertama Republik Rakyat Cina. Zhou adalah kepala pemerintahan Tiongkok, melayani dari Oktober 1949 hingga kematiannya pada Januari 1976.

Menurut biografi Zhou oleh Gao Wenqian, mantan peneliti di Kantor Penelitian Dokumen Partai BPK, Zhou pertama kali didiagnosis menderita kanker kandung kemih pada November 1972. Tim medis Zhou melaporkan bahwa dengan perawatan dia memiliki peluang pemulihan 80 hingga 90 persen, tetapi perawatan medis untuk anggota partai berpangkat tertinggi harus disetujui oleh Mao. Mao memerintahkan Zhou dan istrinya tidak diberi tahu tentang diagnosisnya, tidak ada operasi yang harus dilakukan, dan tidak ada pemeriksaan lebih lanjut yang harus dilakukan.

Menurut Ji Chaozhu, penerjemah pribadi Zhou Enlai, Henry Kissinger menawarkan untuk mengirim spesialis kanker dari Amerika Serikat untuk merawat Zhou, sebuah tawaran yang pada akhirnya akan ditolak. Pada tahun 1974, Zhou mengalami pendarahan yang signifikan pada urinnya. Setelah mendapat tekanan dari para pemimpin China lainnya yang mengetahui kondisi Zhou, Mao akhirnya memerintahkan operasi pembedahan dilakukan pada bulan Juni 1974, tetapi pendarahan kembali beberapa bulan kemudian, menunjukkan penyebaran kanker ke organ lain. Serangkaian operasi selama satu setengah tahun berikutnya gagal untuk memeriksa perkembangan kanker.

Zhou terus melakukan pekerjaan selama dia tinggal di rumah sakit, dengan Deng Xiaoping, sebagai Wakil Perdana Menteri Pertama, menangani sebagian besar urusan Dewan Negara yang penting. Penampilan publik besar terakhirnya adalah pada pertemuan pertama Kongres Rakyat Nasional ke-4 pada 13 Januari 1975, di mana ia mempresentasikan laporan kerja pemerintah. Dia kemudian menghilang dari perhatian publik untuk perawatan medis lebih lanjut.

Zhou Enlai meninggal karena kanker pada pukul 09:57 waktu setempat tanggal 8 Januari 1976, pada usia 77 tahun.

8 dari 8 halaman

7. Hugo Chavez

Hugo Rafael Chávez Frías (28 Juli 1954 - 5 Maret 2013) adalah seorang politisi Venezuela yang menjadi presiden Venezuela dari 1999 hingga kematiannya pada 2013 .

Pada tanggal 5 Maret 2013, Wakil Presiden Nicolás Maduro mengumumkan di televisi pemerintah bahwa Chavez telah meninggal di sebuah rumah sakit militer di Caracas pada pukul 16:25 VET (20:55 UTC).

Wakil Presiden mengatakan Chavez meninggal "setelah berjuang melawan penyakit yang parah selama hampir dua tahun".

Menurut kepala pengawal kepresidenan Venezuela, Chavez meninggal karena serangan jantung yang parah, dan kanker di daerah panggulnya sangat parah ketika dia meninggal.

Jenderal Jose Ornella mengatakan bahwa menjelang akhir hidupnya Chavez "tidak dapat berbicara tetapi dia mengatakannya dengan bibirnya ... 'Saya tidak ingin mati. Tolong jangan biarkan saya mati,' karena dia mencintai negara, dia mengorbankan dirinya untuk negaranya ".

Chavez meninggalkan empat anak dan empat cucu.

 

(Hariz Barak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.