Sukses

4 Manfaat Menakjubkan yang Didapat Jika Mandi dengan Air Dingin

Berikut deretan manfaat yang kalian dapatkan dari mandi air dingin.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin tak sedikit dari kamu yang lebih memilih untuk mandi menggunakan air hangat, terlebih di pagi hari. Ya, banyak orang menghindari mandi dengan air dingin.

Padahal mandi air dingin dapat meningkatkan energi dan membantu membangunkanmu di pagi hari. Namun tak hanya itu, mandi dengan air dingin memiliki sejumlah manfaat lainnya.

Mungkin banyak yang tak menyadari bahwa mandi dengan air dingin adalah trik kecantikan yang dapat memberikan dampak luar biasa pada kulitmu. Melansir dari Bright Side, Selasa (2/9/2020), berikut deretan manfaat yang kamu dapatkan dari mandi air dingin.

1. Buat kulit berkilau

Mandi air dingin dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini bisa membantu wajah terlihat lebih bercahaya dan segar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mencegah penuaan pada kulit

Kebiasaan mandi air dingin setiap hari membantu kulit tetap awet muda. Air dingin mengaktifkan sistem saraf dan tubuh untuk melepaskan hormon dan bahan kimia otak yang melawan stres.

Studi menunjukkan bahwa stres memiliki dampak langsung pada penuaan kulit dan berdampak negatif pada banyak sistem dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

3. Mengencangkan pori-pori

Sementara air hangat dapat menghilangkan sebagian minyak pelindung pada kulit, air dingin dapat membantu memperkecil pori-pori kulit.

Ini juga membantu memberikan vitalitas wajah dan meningkatkan kecerahan kulit. Karena air dingin dapat menyebabkan pembuluh darah terkompresi sehingga wajah mungkin tampak tidak terlalu bengkak atau merah.

4 dari 4 halaman

4. Meredakan beberapa kondisi kulit

Mandi air hangat dapat membuat kulit terbakar, menyebabkan kemerahan, gatal, bahkan mengelupas, air dingin justru sebaliknya. Bagi yang menderita kulit gatal, mandi air dingin bisa membantu mengatasi sensasi gatal.

Menurut sebuah penelitian, mendinginkan kulit dengan mandi air dingin juga membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh psoriasis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.