Sukses

Memori iPhone Kalian Penuh, Ikuti 5 Tips Ini untuk Membuatnya Nyaman Dipakai Lagi

Berikut ini lifehack untuk membantu memulihkan memori Iphone Anda.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pengguna iPhone, Anda mungkin pernah melihat notifikasi 'Penyimpanan Hampir Penuh' muncul di perangkat Anda beberapa kali. Artinya Cache penyimpanan data untuk memori Anda penuh.

Aplikasi Anda mengakumulasi banyak cache, terutama jika anda jarang dan mungkin saja tidak membersihkan cache yang tersimpan di iphone Anda.

Apple menyarankan agar pengembang aplikasi iOS membuat aplikasi yang memiliki fungsi pembersihan sendiri yang akan sering membersihkan cache di aplikasi Anda.

Aplikasi dan terutama game juga dapat menghabiskan banyak ruang di iPhone atau iPad Anda. Tidak jarang beberapa game berkualitas konsol berukuran lebih dari 2 GB. 

Anda dapat menyalin atau menghapus aplikasi besar yang jarang Anda gunakan, seperti foto dan video lama. Berikut langkah-langkah untuk memperbaiki penyimpanan iPhone penuh dilansir dari otransfer.net, (02/09/2020).

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Restart Iphone

Anda dapat memeriksa penggunaan penyimpanan iPhone atau iPad Anda dengan membuka Pengaturan> Umum> Penyimpanan & Penggunaan iCloud> Penyimpanan> Kelola Penyimpanan.

Jika Anda menemukan bahwa tidak banyak aplikasi yang benar-benar disimpan di iPhone Anda sementara Anda masih mendapatkan kesalahan penuh penyimpanan iPhone, hal pertama yang harus Anda coba dengan restart paksa.

Jika Anda menggunakan iPhone 6s / Plus atau iPhone versi sebelumnya, tekan dan tahan tombol daya dan tombol Rumah hingga Anda melihat Logo Apple muncul. IPhone 7 / plus, tekan dan tahan tombol daya dan tombol Volume Turun hingga Anda melihat Logo Apple muncul. IPhone 8 / Plus atau iPhone X, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai paksa iPhone Anda.

Langkah 1. Tekan dan lepaskan tombol Volume naik.

Langkah 2. Tekan dan lepaskan tombol Volume turun.

Langkah 3. Tekan dan tahan tombol samping sampai Anda melihat Logo Apple.

Ketika iPhone Anda restart, masukkan kode sandi Anda dan Anda seharusnya tidak menerima penyimpanan iPhone kesalahan hampir penuh.

3 dari 6 halaman

2. Hapus Cache Aplikasi iPhone

Untuk memuat lebih cepat, banyak aplikasi akan menyimpan file cache di perangkat iOS Anda. File cache ini dapat memakan banyak ruang penyimpanan di Iphone. Banyak penggunaan iPhone telah melaporkan bahwa sebagian aplikasi telah menghabiskan banyak ruang GB.

Karena itu, Anda harus menghapus cache apikasi di iPhone Anda. Anda sebaiknya menghapus aplikasi lalu menginstalnya kembali. Beberapa pengguna mengklaim dapat tersedia 15GB ruang setelah menginstal ulang aplikasi.

Selain itu, Anda harus menghapus cache dan riwayat Safari yaitu dengan cara membuka pengaturan> Safari> Clear History Website Data. Menghapus beberapa aplikasi besar benar-benar dapat meningkatkan ruang yang tersedia di iPhone Anda. 

4 dari 6 halaman

3. Gunakan Phone Cleaner

Jika aplikasi di iPhone Anda tidak memakan banyak ruang atau Anda tidak ingin menghapus aplikasi apa pun, ada cara yang lebih baik untuk mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone Anda.

Anda dapat menggunakan pembersih iPhone seperti IOTransfer untuk mengosongkan ruang penyimpanan iPhone dengan menghapus file sampah, cache dalam satu klik. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkan semua file yang tidak diinginkan di iPhone Anda.

Langkah 1. Download gratis IOTransfer dan instal di komputer Windows Anda.

Langkah 2. Buka IOTransfer dan hubungkan iPhone Anda ke PC dengan kabel petir.

Langkah 3. Klik tab BERSIH, dan klik tombol Pindai untuk memindai file sampah iPhone Anda.

Langkah 4. Saat pemindaian selesai, klik Bersihkan iPhone Saya untuk mengosongkan ruang penyimpanan iPhone.

Beberapa file sampah tersembunyi jauh di dalam iPhone Anda, sehingga sulit untuk menemukan dan menghapusnya secara manual. Alat ini dapat membantu Anda melakukannya. Setelah itu, penggunaan penyimpanan iPhone Anda akan kembali normal.

5 dari 6 halaman

4. Restore Iphone

Jika Anda cukup beruntung telah backup iPhone Anda dengan iTunes sebelum masalah penyimpanan iPhone penuh muncul, maka Anda dapat memulihkan iPhone Anda dari cadangan untuk menyelesaikan masalah ini. 

Hubungkan iPhone Anda ke komputer yang Anda gunakan untuk mencadangkan iPhone, lalu buka iTunes untuk memilih Pulihkan Cadangan untuk memulihkan iPhone Anda ke tanggal sebelumnya.

6 dari 6 halaman

5. Atur Ulang Pengaturan iPhone

Jika semua solusi ini tidak berfungsi, Anda dapat mencadangkan video, foto, musik, kontak, dan data lainnya ke komputer Anda dan kemudian mengatur ulang iPhone Anda ke default pabrik.

Dengan cara ini, Anda pasti akan menyelesaikan masalah penyimpanan iPhone ini penuh tetapi tidak ada apa-apa di atasnya. Untuk membuat cadangan iPhone Anda dengan cepat, Anda dapat menggunakan IOTransfer yang memberi Anda transfer data iPhone sekali klik ke PC.

Untuk mengatur ulang iPhone Anda, buka Pengaturan> Umum> Atur Ulang> Hapus semua konten dan pengaturan. Setelah memasukkan kode sandi Anda untuk mengonfirmasi, iPhone Anda akan restart dan Anda harus mengatur iPhone Anda lagi.

 

Penulis:

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.