Sukses

Studi: Menurunkan Berat Badan di Usia Ini Ternyata Bantu Anda Miliki Umur Panjang

Ternyata berusaha untuk menurunkan berat badan ke angka ideal pada usia tertentu membantu Anda memiliki umur yang panjang

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada kata terlambat untuk mulai membuat pilihan yang baik untuk kesehatan Anda. Makan lebih banyak buah dan sayur bersama dengan olahraga teratur dianggap sebagai cara yang benar untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Menjalani gaya hidup sehat dapat membantu Anda mengurangi risiko penyakit, memberi Anda lebih banyak energi, membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, membuat Anda tidur nyenyak bersama dengan banyak manfaat lainnya.

Malahan, penelitian baru menemukan bahwa mengikuti langkah-langkah sehat ini dan menurunkan berat badan pada usia tertentu dapat membantu seseorang hidup lebih lama.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Studi

Mengutip dari TimesofIndia, sebuah studi yang diterbitkan pada 14 Agustus di jurnal JAMA Network Open mengumpulkan data dari 24.205 orang yang mencoba menurunkan berat badan antara 1988 dan 1994. Pemeriksaan kesehatan dilakukan setiap dua tahun antara 1999 dan 2014.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat badan pada usia paruh baya "tampaknya terkait dengan penurunan risiko kematian dibandingkan dengan obesitas persisten." Studi tersebut menganggap usia paruh baya sekitar 44 tahun atau berkisar antara 37 dan 55 tahun.

 

3 dari 4 halaman

Mulai usaha menurunkan berat badan sejak dini

Selama penelitian, ada 5.846 kematian. Namun penurunan berat badan yang mengakibatkan BMI di bawah 25, menghasilkan risiko kematian 54 persen lebih rendah. Para peneliti yang melakukan studi tersebut menekankan pada pentingnya mengurangi obesitas sejak dini. Menurunkan berat badan bahkan lebih penting karena obesitas menjadi lebih menonjol pada generasi muda.

"Pada tingkat populasi, kami memperkirakan bahwa penurunan berat badan dari obesitas menjadi kelebihan berat badan akan mencegah lebih dari 3% kematian dini, dan mencegah kenaikan berat badan dari berat badan normal dapat mencegah lebih dari 12% kematian dini," kata para penulis dalam penelitian tersebut.

4 dari 4 halaman

Hidup sehat hingga usia paruh baya

Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan 5 persen massa otot setiap dekade. Makan makanan yang sehat, berolahraga, tetap terhidrasi, dan istirahat yang cukup adalah beberapa faktor yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan tetap sehat di usia paruh baya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.