Sukses

Bebas Pandemi Covid-19, 10 Negara Ini Tak Bisa Hindarkan Beberapa Hal

Seperti dilansir BBC, 10 negara ini terpantau tanpa kasus Virus Corona COVID-19. Tapi...

Liputan6.com, Jakarta - Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 telah menjadi pandemi dan menginfeksi hampir setiap negara di dunia, terkecuali 10 negara. Jadi apa yang mereka lakukan sekarang?

Simak cerita dari negara tanpa infeksi Covid-19. 

The Palau Hotel dibuka pada 1982, sebelum pariwisata massal. Namun, sejak itulah, negara kecil yang dikelilingi Samudra Pasifik yang berwarna biru langit, berada pada masa booming.

Pada 2019, 90.000 turis datang ke Palau, jumlah tersebut lima kali lipat dari total populasi. Pada 2017, angka Dana Moneter Internasional atau IMF memperlihatkan sektor pariwisata menyumbang 40% dari Produk Domestik Bruto atau PDB negara.

Haya saja, angka itu sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Sejatinya, perbatasan Palau ditutup sejak akhir Maret. Ini adalah satu dari 10 negara di dunia yang tak memiliki kasus terkonfirmasi (hanya menghitung negara yang menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB, dan tidak termasuk Korea Utara dan Turkmenistan).

Namun, tanpa menginfeksi satu orang pun, Covid-19 telah merusak negara tersebut.

The Palau Hotel telah ditutup sejak Maret 2020 dan tidak sendirian. Restoran-restoran kosong, toko suvenir tutup, dan satu-satunya tamu hotel adalah penduduk yang kembali dan menjalani karantina.

Seperti dilansir BBC, Selasa 25 Agustus 2020, berikut negara-negara tanpa kasus Virus Corona Covid-19:

  1. Palau
  2. Mikronesia
  3. Pulau Marshall
  4. Nauru
  5. Kiribati
  6. Pulau Solomon
  7. Tuvalu
  8. Samoa
  9. Vanuatu
  10. Tonga 

"Laut di sini jauh lebih indah daripada tempat lain di dunia," ucap Brian Lee, manajer dan salah satu pemilik Palau Hotel.

Lautan berwarna biru langitlah yang membuat Brian sibuk. Sebelum pandemi Virus Corona Covid-19, 54 kamar miliknya memiliki tingkat hunian 70% -80%. Tapi ketika perbatasan ditutup, tidak ada yang bisa dijadikan sandaran.

"Ini negara kecil, jadi penduduk lokal tidak akan tinggal di Palau," Brian memaparkan.

Dia memiliki sekitar 20 staf dan mempertahankan mereka semua, meskipun dengan jam kerja yang berkurang. "Saya mencoba memberikan pekerjaan untuk mereka - pemeliharaan, renovasi, dan sebagainya," imbuhnya.

Kendati demikian, hotel kosong tidak bisa dipertahankan dan direnovasi selamanya. "Saya bisa tinggal selama setengah tahun lagi," kata Brian. "Maka saya mungkin harus menutupnya."

Brian tak menyalahkan pemerintah, yang telah menawarkan dukungan keuangan kepada penduduk, dan bagaimanapun juga, telah mencegah penyebaran virus.

"Saya pikir mereka melakukan pekerjaan dengan baik," katanya. Namun, jika hotel pertama Palau ingin bertahan, sesuatu harus segera berubah.

Presiden belum ini mengumumkan perjalanan udara "penting" dapat dilanjutkan pada 1 September 2020. Seiring dengan itu, sebuah "koridor udara" dengan Taiwan, yang memungkinkan wisatawan untuk berkunjung, telah dikabarkan.

Bagi Brian, itu tidak akan segera terjadi.

"Saya pikir mereka harus mulai membuka kembali - mungkin memiliki gelembung perjalanan dengan Selandia Baru dan negara-negara seperti itu," katanya. "Kalau tidak, tidak ada yang bisa bertahan di sini."

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Infeksi Covid-19, Bukan Berarti Tak Terdampak

Sekitar 2.500 mil (4.000 km) timur, melintasi Samudra Pasifik yang luas, Kepulauan Marshall juga tetap bebas Covid-19. Tapi, seperti Palau, tidak ada infeksi bukan berarti tidak berdampak.

Hotel Robert Reimers terletak di sebidang tanah di atol utama, Majuro, dengan laguna di satu sisi, dan laut di sisi lain. Sebelum pandem Covid-19, 37 kamar memiliki tingkat hunian 75% -88%, dengan sebagian besar tamu dari Asia, Pasifik, atau the Mainland (Amerika Serikat).

Sejak perbatasan ditutup pada awal Maret, tingkat itu turun menjadi 3% -5%.

"Kami memiliki beberapa orang yang datang dari pulau terluar," kata Sophia Fowler, yang bekerja untuk grup hotel. "Tapi tidak banyak."

Secara nasional, negara ini diperkirakan akan kehilangan lebih dari 700 pekerjaan akibat penurunan pandemi Covid-19, penurunan terbesar sejak 1997. Dari jumlah tersebut, 258 akan berada di sektor hotel dan restoran.

Tetapi isolasi diri memengaruhi lebih dari sekadar pariwisata - dan Kepulauan Marshall jauh lebih tidak bergantung pada pembuat liburan daripada Palau. Masalah yang lebih besar adalah industri perikanan.

Untuk menjaga negara bebas pandemi Covid-19, kapal yang telah berada di negara yang terinfeksi dilarang memasuki pelabuhan negara tersebut. Kapal lain, termasuk kapal tanker bahan bakar dan kapal kontainer, harus menghabiskan 14 hari di laut sebelum masuk. Lisensi penangkapan ikan tidak terjual, dan penerbangan kargo telah diputus.

Efeknya jelas. Kepulauan Marshall mengkhususkan diri pada ikan akuarium - yang paling populer adalah flame angel fish atau ikan malaikat api - tetapi ekspornya turun hingga 50%, menurut satu laporan AS. Pengiriman tuna sashimi di pantai turun dalam jumlah yang sama. Industri perikanan lainnya mengharapkan penurunan 30% sepanjang tahun.

Singkatnya, Anda dapat mencegah masuknya virus, tetapi Anda tidak bisa mengalahkannya. Covid-19 membuat Anda mengalami satu atau lain cara.

Sophia "berharap" segalanya kembali normal untuk negaranya, dan Hotel Robert Reimers, tahun depan. Tetapi jika tidak?

"Maka itu tidak mungkin bagi kami," ucap Sophia.

3 dari 4 halaman

Penduduk Tak Ingin Perbatasan Dibuka, Khawatir Virus

Tetapi meskipun menutup perbatasan telah membuat negara-negara bebas pandemi Covid-19 menjadi lebih miskin, tidak semua orang ingin mereka dibuka kembali.

Dr Len Tarivonda adalah direktur kesehatan masyarakat di Vanuatu, populasi 300.000. Meskipun dia bekerja di ibu kota, Port Vila, dia berasal dari Ambae, sebuah pulau berpenduduk 10.000 orang sekitar 170 mil utara.

"Jika Anda berbicara dengan mereka [di Ambae], mayoritas mengatakan tetap tutup perbatasan selama mungkin," katanya. "Mereka berkata: 'Kami tidak ingin penyakitnya - jika tidak, pada dasarnya kami akan dikutuk'."

Sekitar 80% orang di Vanuatu tinggal di luar kota dan "ekonomi formal", kata Dr Tarivonda.

"Dan menurut pengamatan saya, mereka belum tentu merasakan tekanan. Mereka adalah petani subsisten, mereka menanam makanan mereka sendiri - mereka bergantung pada ekonomi tradisional lokal. "

Meski demikian, negara akan menderita. Bank Pembangunan Asia memperkirakan PDB turun hampir 10% - penurunan terbesar Vanuatu sejak kemerdekaan pada 1980.

Kemerosotan itu tidak hanya sampai ke perbatasan tertutup pandemi Covid-19. Pada bulan April, Topan Tropis Harold menghantam sebagian besar negara, menewaskan tiga orang dan mempengaruhi lebih dari setengah populasi.

"Kami mengadakan pengarahan operasi darurat kesehatan setiap hari," kenang Dr Tarivonda. "Pertama kami akan membahas pandemi Covid-19, lalu Topan Harold. Dua bencana terjadi pada saat bersamaan."

Namun pandemi Covid-19 sepertinya akan memiliki dampak yang lebih tahan lama.

4 dari 4 halaman

Apa Solusinya?

Jadi, adakah yang bisa dilakukan negara-negara bebas pandemi Covid-19?

Ada tindakan jangka pendek, seperti pembayaran kepada pekerja dan bisnis. Dan ada satu tindakan jangka panjang: menunggu vaksin.

Sampai saat itu tiba, gelembung perjalanan tetap menjadi harapan terbaik. Namun, seperti yang ditunjukkan Rommel Rabanal dari Bank Pembangunan Asia, mereka terdengar lebih sederhana daripada yang sebenarnya.

"Pengaturan ini memiliki prasyarat. Serangkaian standar pengujian, pelacakan kontak, dan fasilitas karantina yang umum, jika terjadi wabah. Mereka sedang dalam diskusi tetapi ada kemajuan yang lambat - atau mungkin kemajuan yang hati-hati," papar Dr Tarivonda.

Dan - seperti yang terlihat pada "rencana September" Vanuatu - gelembung perjalanan juga dapat meledak dengan mudah.

"Australia dan Selandia Baru telah memperjelas bahwa negara pertama yang akan mereka uji adalah satu sama lain,” kata Jonathan Pryke, direktur program kepulauan Pasifik di Lowy Institute.

“Dan sebelum itu terjadi, Anda perlu menghapus transmisi komunitas. Jadi menurut saya prospek gelembung perjalanan tidak terlihat untuk tahun ini."

Pryke mengatakan bahwa seiring berlalunya bulan, keputusasaan meningkat di negara-negara Pasifik yang tertutup.

Namun, dia tidak ragu bahwa satu-satunya pilihan untuk negara-negara ini adalah mengisolasi diri dalam skala internasional.

"Bahkan jika perbatasan mereka tetap terbuka, pasar pariwisata utama mereka di Australia dan Selandia Baru tidak akan terbuka, karena mereka telah mengunci perbatasan mereka sendiri," ujar Pryke.

"Jadi, Anda akan mengalami yang terburuk dari kedua dunia - krisis kesehatan dan krisis ekonomi. Kita akan memiliki waktu bertahun-tahun untuk melihat keputusan yang tepat."

"Tapi melihat ke belakang, tidak ada yang akan meragukan bahwa lockdown adalah langkah yang tepat dilakukan oleh negara-negara Pasifik ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.