Sukses

4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kalian Tetap Merasa Lapar Meski Sudah Makan

Berikut ini sejumlah penyebab kalian tetap merasa lapar meski sudah makan.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kalian merasa tetap lapar meski sudah makan? Ya, tentu tak sedikit yang pernah mengalaminya. Mungkin kalian pun bertanya-tanya mengapa bisa masih merasa lapar padahal sudah makan. Rupanya ada sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab rasa lapar ini.

Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah penyebab munculnya rasa lapar meski kalian sudah makan.

1. Makan terlalu sedikit

Penyebab pertama mengapa kalian masih lapar meski sudah makan ialah kalian makan dalam jumlah yang terlalu sedikit. Jumlah makanan yang kalian konsumsi bisa mempengaruhi nafsu makan. Perut bisa membesar dan melonggar sesuai dengan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Otak bakal merespons ketika perut melebar dan memunculkan sinyal ke otak. Ketika kalian mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit, perut bisa merasa kenyang untuk sementara waktu padahal perutmu sebenarnya belum kenyang. Hal ini menyebabkan kalian akan mudah merasa lapar kembali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Terlalu banyak karbohidrat dan minim protein

Makanan tinggi protein bisa membuat kalian lebih mudah kenyang dibanding makanan dengan sedikit karbohidrat dan lemak. Dampak ini bisa tetap sama walau jumlah kalori yang dikonsumsi sama.

Konsumsi serat juga bisa memperlambat pencernaan. Ketika makanan diproses lebih lambat di dalam pencernaan, maka rasa lapar tidak mudah muncul. Hal sebaliknya juga bisa terjadi.

3 dari 4 halaman

3. Hormon tak stabil

Bagi orang yang mengalami obesitas, tingkat hormon leptin di dalam darah bakal meningkat. Sayangnya hal yang terjadi ini tidak dikenali oleh otak.

Hal ini menyebabkan seseorang tetap merasa lapar bahkan ketika mereka cukup makan walaupun sel lemak sudah memproduksi leptin. Kondisi ini biasa dienal dengan nama resistensi leptin

4 dari 4 halaman

4. Efek pengobatan

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa efek samping dari pengobatan tertentu adalah meningkatkan rasa lapar. Sejumlah obat seperti antidepresan, obat diabetes, atau pil KB bisa menimbulan efek samping berupa rasa lapar yang terus muncul ini.

Sejumlah hal tersebut bisa menjadi penyebab tetap munculnya rasa lapar walau sudah makan. Jika masalah ini terjadi dalam jangka waktu lama, sebaiknya amu berkonsultasi dengan dokter untuk mencari pengobatan yang tepat.

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.