Sukses

6 Cara Menggunakan Aloe Vera untuk Atasi Masalah Jerawat, Wajib Coba

Menurut para ilmuwan, aloe vera sangat efektif merawat jerawat, luka bakar, dan kulit kering.

Liputan6.com, Jakarta - Aloe vera memiliki banyak kegunaan. Tanaman ini mengandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C, dan tinggi senyawa anti-inflamasi (anti peradangan). 

Bahkan yang menggembirakan, menurut para ilmuwan, aloe vera sangat efektif merawat jerawat, luka bakar, dan kulit kering. Hal ini dikarenakan, tanaman aloe vera mengandung enzim untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit yang muda dan lebih halus.

Nah, penasaran bagaimana menggunakan aloe vera untuk mengatasi masalah jerawat di wajahmu? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (24/8/2020).

1. Gel Lidah Buaya Murni

 

Gel lidah buaya menjadi perawatan yang dibutuhkan bagi jerawat yang matang. Yang kamu butuhkan gel lidah buaya murni sesuai kebutuhan. 

Untuk mendapatkan gel lidah buaya, potong kedua sudut daun lidah buaya dan iris di tengahnya. Ekstrak gel lidah buaya yang didapat taruh dalam mangkuk.

Cuci wajahmu sebelum mengaplikasikan lidah buaya. Lalu oleskan gel tersebut pada area wajah berjerawat. Biarkan semalaman dan cuci bersih di pagi hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Lidah Buaya dan Madu

Karena sifat antibakteri dan antiradangnya, madu terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Yang kamu butuhkan, 1 sdm gel lidah buaya dan 1 sdm madu. Lalu campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga rata. Oleskan campuran tersebut di wajahmu. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih.

3 dari 6 halaman

3. Lidah Buaya dan Kunyit

Kunyit adalah bumbu yang dikenal memiliki sifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi dan antiseptik. Ia juga mengandung komponen aktif, kurkumin yang membatasi bakteri penyebab jerawat dan membantu menghilangkan jerawat. 

Yang kamu butuhkan, 1 sdm gel lidah buaya dan sejumput kunyit. Lalu campur kedua bahan untuk mendapatkan pasta yang halus.

Kemudian oleskan pasta di area yang berjerawat. Biarkan selama 15-20 menit dan cuci hingga bersih.

4 dari 6 halaman

4. Aloe Vera dan Lemon

Lemon menjadi sumber yang kaya vitamin C, flavonoid dan nutrisi penting yang kesemuanya sangat penting untuk menjaga kesehatan kulitmu. Selain itu, lemon juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan kuat yang membantu mengurangi jerawat. 

Yang kamu butuhkan, 2 sdm lidah buaya dan ¼ sdm jus lemon. Campur kedua bahan tersebut hingga rata. Lalu oleskan campuran ini pada area berjerawat. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih.

5 dari 6 halaman

5. Lidah Buaya, Kayu Manis dan Madu

Madu dan kayu manis memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Kombinasi bahan-bahan ini bekerja sangat baik melawan bakteri penyebab jerawat dan juga meredakan nyeri dan peradangan yang disebabkan jerawat.

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis efektif untuk mengatasi jerawat ringan hingga sedang. 

Yang kamu butuhkan, 1 sdm gel lidah buaya, 4 sdm madu dan ½ sdt bubuk kayu manis. Aduk semua bahan hingga menjadi pasta yang halus.

Kemudian oleskan pasta di area yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit dan cuci hingga bersih.

6 dari 6 halaman

6. Lidah Buaya, Ketimun dan Air Mawar

 

Mentimun memiliki kekuatan untuk menenangkan kulit, melembabkan dan mengurangi rasa sakit atau peradangan. Sementara itu, air mawar berperan sebagai toner untuk menjaga kebersihan pori-pori kulit sehingga mengurangi jerawat.

Yang kamu butuhkan, 1 sdt gel lidah buaya, 1 sdt jus mentimun, 1 sdt air mawar dan kapas. Lalu aduk semua bahan hingga rata, gunakan kapas untuk mengoleskan campuran ke area yang berjerawat.

Biarkan hingga mengering dan bilas seluruhnya hingga bersih.

                         

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.