Sukses

4 Cara Mudah Atasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

Mengatasi nyeri otot setelah melakukan olahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit dari kita yang merasakan nyeri otot setelah melakukan olahraga secara instens. Nyeri otot bisa menyebabkan seseorang sulit untuk melanjutkan aktivitas selanjutnya. Apalagi saat otot mengalami memar, sehingga kegiatan sehari-hari akan terhambat.

Biasanya, nyeri otot terjadi ketika seseorang kembali berolahraga setelah istirahat terlalu lama, kemudian mencoba gerakan baru dan menambah dosis latihan.

Para ahli mengatakan bahwa nyeri otot adalah hasil dari robekan kecil pada serat otot yang terjadi saat sedang berolahraga. Menurut ahli kebugaran, rasa sakit biasanya mulai berkembang antara 12 dan 24 jam setelah latihan dan puncaknya sekitar 24 hingga 72 jam setelah berolahraga.

Nyeri otot merupakan bagian normal dari proses pembentukan otot dan pembentukan kekuatan. Namun, terkadang lebih banyak nyeri otot yang terjadi daripada hasil pembentukan otot atau kekuatan pada otot.

Sayangnya, jika merasakan sakit yang luar biasa, satu-satunya obat yang pasti adalah waktu. Namun, terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu meringankan rasa sakit tersebut sambil menunggu dan mempercepat proses pemulihan.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Melakukan gerakan ringan

Berada di atas sofa atau kasur secara terus menerus dan tak melakukan apa pun saat sedang nyeri otot bukanlah hal yang baik. Pasalnya, dengan melakukan gerakan kecil dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh.

Peningkatan aliran darah dan nutrisi ke otot dapat mempercepat proses perbaikan. Maka, akan lebih baik jika kamu melakukan gerakan-gerakan kecil dan tak terus menerus berbaring di atas kasur.

3 dari 5 halaman

2. Minum air putih

Cara kedua untuk meringankan rasa sakit saat nyeri otot adalah dengan minum air putih. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi dapat meningkatkan rasa sakit, maka minum air putih akan meningkatkan kadar hidrasi sehingga dapat meminimalkan rasa sakit.

4 dari 5 halaman

3. Mendapatkan protein yang cukup

Protein merupakan nutrisi penting untuk membangun dan memelihara otot. Sebanyak 90 persen kandungan protein dalam makanan akan diserap oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki otot yang rusak.

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein setelah olahraga dapat memperbaiki kerusakan sekecil apa pun pada otot sehingga otot akan menjadi lebih kuat dan besar.

5 dari 5 halaman

4. Kompres air panas atau dingin

Mengompres bagian tubuh yang mengalami nyeri otot dengan air dingin atau panas dapat membantu meredakan rasa sakit. Dinginnya es dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terkadang disertai dengan rasa sakit yang luar biasa. Mengurangi pembengkakan dapat membantu mengurangi ketegangan pada rasa nyeri.

Selain itu, mengompres dengan air panas juga dapat meminimalkan ketegangan dan rasa sakit. Pasalnya mengompres dengan air panas dapat membantu melancarkan sirkulasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.