Sukses

Waspada, 4 Hal Ini Menandakan Anda Memiliki Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Ada beberapa tanda yang menunjukkan Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah

Liputan6.com, Jakarta Sistem kekebalan tubuh bekerja sepanjang waktu untuk membuat kita tetap sehat, terlebih di masa pandemi virus Corona seperti saat ini. Penting untuk menjaga kekebalan tubuh kita agar tetap kuat dengan makan makanan yang sehat dan menjalani gaya hidup sehat.

Hal-hal seperti stres, kecemasan, terlalu banyak minum alkohol dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda rentan terhadap infeksi. Malahan, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah adalah yang paling parah terkena infeksi virus Corona.

Jika Anda penasaran bagaimana cara mengetahui kuat atau tidaknya sistem kekebalan tubuh Anda, berikut empat tanda yang dapat membantu. Melansir dari TimesofIndia, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Anda sering sakit dan butuh waktu lebih lama untuk sembuh

Sering jatuh sakit adalah salah satu tanda kekebalan tubuh yang lemah yang paling jelas. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat tubuh tidak mampu untuk menghilangkan bakteri, jamur, virus berbahaya. Akibatnya, Anda menjadi lebih rentan terkena infeksi.

Menurut para ahli, jika Anda demam lebih dari tiga kali setahun dan butuh waktu lebih lama untuk pulih, itu merupakan indikasi bahwa sistem kekebalan tubuh Anda tak berfungsi dengan baik. Hal yang sama berlaku untuk semua jenis luka yang butuh waktu lama untuk sembuh.

Sesuai laporan American Academy of Allergy Asthma and Immunology, jika Anda harus minum lebih dari dua rangkaian antibiotik dalam setahun dan bahkan infeksi bakteri sederhana ternyata parah untuk Anda, Anda mungkin menderita gangguan imunologi dan Anda harus berkonsultasi dokter Anda.

 

3 dari 5 halaman

2. Anda merasa sangat lelah

Jika Anda merasa lelah bahkan setelah tidur lebih lama, itu bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang menurun. Sistem kekebalan tubuh yang lemah butuh banyak energi daripada biasanya.

Tubuh Anda butuh lebih dari tingkat energi normal untuk terus melawan infeksi. Akibatnya, Anda mungkin merasa lelah sepanjang waktu.

 

4 dari 5 halaman

3. Masalah perut

Menurut Universitas John Hopkins, sebagian besar sistem kekebalan kita terletak di usus kita. Saluran gastrointertinal kita memiliki bakteri baik yang melepaskan antibodi untuk melawan infeksi.

Karenanya, jika terjadi ketidakseimbangan pada bakteri usus, Anda akan lebih mudah tertular infeksi. Itu juga membuat seseorang rentan terhadap penyakit autoimun dan kondisi peradangan lainnya.

Bakteri usus juga berperan besar dalam pencernaan. Jadi, jika Anda sering mengalami masalah perut seperti diare atau sembelit, itu bisa jadi pertanda Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah.

 

5 dari 5 halaman

4. Sariawan

Sariawan bisa terjadi saat Anda menggigit lidah atau pipi Anda sendiri. Namun, seringkali sariawan bisa menjadi indikasi sistem kekebalan tubuh yang lemah. Stres juga dapat menyebabkan sariawan yang juga merupakan tanda sistem kekebalan yang melemah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.