Sukses

Jangan Dibuang, Ini 4 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan

Bukan hanya dagingnya, kulit buah naga juga memiliki berbagai manfaat, seperti mencegah kanker dan merawat rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat dan mengandung berbagai vitamin adalah buah naga. Buah berwarna merah ini mengandung banyak nutrisi, seperti magnesium yang baik, dan kaya akan serat yang baik untuk kesehatan.

Tak hanya rasanya yang lezat, buah naga memiliki manfaat yang tak terhitung jumlahnya, baik pada dagingnya maupun kulitnya. Mulai dari untuk kesehatan rambut, kulit, dan kesehatan tubuh.  

Kulit buah naga mengandung zat pewarna alami yang disebut dengan betasianin dan memiliki mineral yang kuat. Zat pewarna ini bisa digunakan sebagai pewarna makanan alami yang lebih sehat daripada menggunakan pewarna makanan sintesis yang mengandung zat kimia sehingga berbahaya untuk tubuh.

Bebagai penelitian juga telah membuktikan bahwa kulit dari buah naga dapat memberikan alternatif alami untuk mencegah terjadinya pemecahan pembuluh darah. Namun, sebagian orang masih belum mengetahui manfaat dari kulit buah naga sehingga membuangnya begitu saja setelah memakan dagingnya. Lantas, apa saja manfaat dari kulit buah naga?

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Merawat kesehatan kulit wajah

Dalam kulit buah naga mengandung berbagai macam nutrisi, seperti antioksidan, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan tersebut membantu kulit menjadi lebih lembap, tidak kusam, dan awet muda.

Caranya mengonsumsinya pun mudah, yaitu dengan menjadikan kulit buah naga sebagai teh atau sebagai masker alami untuk wajah.

3 dari 5 halaman

Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Seseorang perlu memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk kanker. Dengan mengonsumsi kulit buah naga diketahui mampu mencegah penyakit berbahaya tersebut.  

Menurut sebuah penelitian, kulit buah naga mengandung fitoalbumin yang ketika digabungkan dengan mineral dan vitamin C hasilnya mampu mencegah penyakit kanker. Mulai dari kanker paru-paru, kanker darah, kanker payudara, dan kanker liver.

4 dari 5 halaman

Mengurangi diabetes

Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan antosianin pada kulit buah naga mampu mencegah resistensi insulin dan dapat menurunkan kadar gula yang bisa memicu diabetes. 

Untuk membuat air seduhan kulit buah naga ini pun sangat mudah. Cukup dengan mengiris-iris kecil kulit buah naga dan menjemurnya hingga kering. Setelah itu, kulit buah naga diseduh menggunakan air panas dan dikonsumsi dua kali dalam sehari pada waktu siang dan malam hari.

 

5 dari 5 halaman

Merawat Rambut

Rambut merupakan mahkota bagi perempuan. Maka tak heran jika rambut menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Namun, berbagai permasalahan rambut, seperti rambut rontok, bercabang, dan ketombe kerap muncul ketika kita tak merawatnya dengan baik.

Kulit buah naga bisa dengan berbagai manfaatnya bisa menjadi solusinya. Kandungan vitamin C dan enzim pada buah naga mampu memperkuat rambut agar tak mudah rontok dan patah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.