Sukses

Studi: Tidur Cukup Mampu Memperbaiki Daya Ingat

Salah satu manfaat tidur cukup ialah meningkatkan daya ingat dan mencegah kepikunan.

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua orang. Baik tua, muda hingga bayi pun memerlukan tidur.

Meski durasi yang dibutuhkan berbeda-beda, ada baiknya semua orang memenuhi porsi waktu tidur yang seharusnya.

Namun masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut. Ya, tak sedikit orang yang mengabaikan durasi tidur yang cukup. Padahal tidur yang cukup bisa memberikan banyak manfaat pada tubuh.

Salah satu manfaat tidur cukup ialah meningkatkan daya ingat dan mencegah kepikunan.

Daya ingat yang baik bisa didapat dengan mendapat durasi tidur yang cukup. Sebuah studi mengungkap manfaat kecukupan tidur berpengaruh pada daya ingat. Setidaknya, Anda tidak akan mudah pikun di masa tua jika memerhatikan durasi tidur setiap hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingatan baru menghapus ingatan lama

Bukan rahasia lagi jika kurang tidur bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Kini, para peneliti di California menemukan, bahwa kurang tidur juga berpengaruh terhadap daya ingat.

Manfaat tidur yang cukup, mulai dari enam hingga sembilan jam sehari, akan mampu melindungi daya ingat dan menjaga ingatan terbaru. Demikian isi studi yang dimuat dalam jurnal eLife tersebut.

Tanpa durasi tidur yang cukup, ingatan baru akan "menghapus" ingatan yang lama.

"Kita belajar banyak hal baru setiap hari dan ingatan-ingatan tersebut akan bersaing dengan ingatan-ingatan lama," jelas penulis utama penelitian Maksim Bazhenov, profesor di Fakultas Kedokteran University of California San Diego, melansir New York Post.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.