Sukses

IPB Beri Pelatihan Budidaya Ikan Kerapu Bagi Masyarakat di Pulau Kelapa Dua

Pelatihan ini diikuti 20 pembudidaya yang berasal dari dua kelompok pembudidaya di wilayah Pulau Kelapa Dua.

Liputan6.com, Jakarta - Departemen Budidaya Perairan dan Sekolah Vokasi Prodi Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya (TPMPB) melaksanakan pelatihan dan pendampingan untuk kelompok pembudidaya di Pulau Kelapa Dua, pada Jumat-Minggu, 14-16 Agustus 2020.

Pelatihan ini diikuti 20 pembudidaya yang berasal dari dua kelompok pembudidaya di wilayah Pulau Kelapa Dua.

Dalam kegiatan tersebut, ada perwakilan dari Departemen Budidaya Perairan IPB terdiri dari Dr. Irzal Effendi, Dr. Yani Hadiroseyani serta lima mahasiswa IPB University. Sedangkan dari Sekolah Vokasi Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya IPB diwakili oleh Dr. Wiyoto dan  Andri Hendriana, S.Pi, M.Si.

Pelatihan, percontohan dan pendampingan masyarakat yang dilakukan dimaksudkan dalam rangka implementasi penelitian program pengembangan produk unggulan daerah dengan mengusung tema “Pengembangan Pendederan Ikan Kerapu Di Masyarakat Dalam Rangka Penguatan Komoditas Unggulan Daerah.”

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan

Acara pelatihan dilakukan di Gedung Sakaya Maritim Pulau Kelapa Dua pada Sabtu, 15 Agusuts 2020.

Dalam pelatihan tesebut, pendamping lapangan Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Mustafa A.MD mengatakan bahwa akan terus mendukung kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat.

"Kami berterimakasih kepada tim IPB University yang telah membantu meningkatkan kemampuan dan kapasitas masyarakat Pulau Kelapa Dua dan berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi solusi permasalahan bagi kelompok pembudidaya ikan kerapu di Pulau Kelapa Dua," kata Mustafa

Sementara itu, kegiatan pendampingan dilaksanakan pada Minggu, 16 Agustus 2020, tim IPB University melihat langsung kegiatan budidaya ikan kerapu cantang yang dilakukan di Pulau Kelapa Dua.

“Ke depan, sistem agribinsis budidaya ikan kerapu di Kepulauan Seribu tidak hanya usaha pembesaran dan usaha pembenihan saja, melainkan juga usaha pendederan, bahkan bisa menjadi beberapa segmen, pendederan I, pendederan II dan seterusnya yang pada akhirnya akan memperkuat agribisnis ikan ini," jelas Dr. Irzal Effendi.

 

3 dari 3 halaman

Ciptakan Usaha Baru untuk Masyarakat Sekitar

"Pengembangan pendederan di Kabupaten Kepulauan Seribu diharapkan bisa menumbuhkan usaha dan wirausaha baru sehingga meningkatkan kegiatan ekonomi wilayah yang berbasis kepada sumber daya alam daerah, sekaligus memperkuat pondasi agribisnis perikanan budidaya laut," lanjut Dr. Irzal Effendi.

Perlu membangun usaha pendederan ikan kerapu di Kapulauan Seribu, selain menciptakan segmentasi usaha baru juga untuk memperkuat struktur usaha guna mempertahankan dan mengembangkan ikan kerapu sebagai produk unggulan daerah. 

Tujuan dan manfaat kegiatan pelatihan, percontohan dan pendampingan dalam rangka pengembangan pendederan ikan kerapu di masyarakat untuk penguatan komoditas unggulan daerah adalah menciptakan usaha baru di masyarakat yakni pendederan ikan kerapu yang bisa menumbuhkan lapangan pekerjaan, pendapatan masyarakat dan perekonomian wilayah, selain menguatkan agrbisnis ikan kerapu sebagai komoditas unggulan daerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.