Sukses

Konsumsi 7 Makanan Ini Membantumu Mengurangi Bekas Jerawat Membandel

Dengan mengonsumsi makanan-makanan ini, Anda dapat membantu mengurangi bekas jerawat dari dalam.

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat dapat merusak kulit dan jaringan di bawahnya. Tubuh akan mencoba memperbaiki kerusakan ini dengan menghasilkan kolagen.

Jika tubuh memproduksi terlalu sedikit atau terlalu banyak kolagen, akan muncul bekas di kulit. Meski terdapat banyak kosmetik yang dapat membantu melawan bekas jerawat, cara alami adalah cara terbaik dalam menaklukkan bekas jerawat tersebut.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantumu mengurangi bekas jerawat seperti dilansir dari Brightside.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Labu

Labu adalah sumber niasin, folat, vitamin A dan B, serta seng. Niacin dan folat dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan pembaruan sel, dan bermanfaat dalam mengobati jerawat.

Biji labu mengandung seng yang membantu mengontrol kadar hormon dan produksi minyak serta membantu penyembuhan kulit. Vitamin A membantu meminimalkan bekas jerawat.

 

3 dari 8 halaman

2. Kale

Kale kaya vitamin C dan K serta merupakan sumber tembaga dan zat besi yang baik. Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam kale dapat mengurangi hiperpigmentasi dan membantu meratakan warna kulit Anda.

Vitamin K bekerja untuk mengurangi flek hitam pada kulit Anda. Zat besi memperccepat penyembuhan luka atau bekas luka, termasuk bekas jerawat dan noda.

 

4 dari 8 halaman

3. Lemon

Jus lemon adalah zat alami yang dapat mengencangkan kulit kendur dan melawan noda. Kulit lemmon mengandung flavonoid yang memiliki efek perlindungan dan antikarsinogenik pada kulit Anda.

Cobalah memulai hari dengan meminum segelas air hangat dengan perasan lemon atau menggunakannya sebagai saus salad. Niscaya ini dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

 

5 dari 8 halaman

4. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung retinol dan beta-karoten. Tubuh dapat mengubah beta-karoten menjadi vitamin A. Vitamin ini bekerja sebagai pelindung kulit terhadap perubahan warna, peradangan, dan pori-pori yang tersumbat, seringkali disebabkan oleh radikal bebas.

Retinol adalah bahan utama dalam banyak produk kecantikan karena melawan hiperpigmentasi, jerawat, garis halus, dan jaringan parut. Alih-alih membeli krim mahal, Anda bisa menikmati retinol asli dengan menambahkan ubi ke dalam makanan Anda.

 

6 dari 8 halaman

5. Pepaya

Pepaya kaya akan enzim pencernaan yang disebut papain. Ini dapat membantu mengelupas sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, dan memudarkan bekas jerawat. Ini juga membuat kulit Anda terhidrasi dan mencegah berjerawat.

 

7 dari 8 halaman

6. Kembang kol

Kembang kol adalah sumber vitamin C dan asam amino kuat yang disebut histidin. Histidin dapat melindungi kulit Anda dari sinar UV berbahaya yang dapat memperburuk bintik hitam yang ada.

Vitamin C melawan kerusakan yang disebabkan radikal bebas, membantu tubuh menyerap zat besi, dan menyembuhkan luka serta bekas luka.

 

8 dari 8 halaman

7. Quinoa

Ini mengandung vitamin B3 yang juga dikenal sebagai niacinamide. Ini membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan meradang akibat jerawat, rosacea, dan bahkan eksim.

Ecdysteroids, elemen jejak yang ditemukan di quinoa, membantu menghilangkan bekas luka yang muncul karena jerawat. Ini memperbaiki kulit dan meminimalkan iritasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.