Sukses

Hindari Ciuman hingga Tak Tatap Muka, Begini Tips Aman Bercinta Saat Pandemi Covid-19

Rupanya begini tips aman bercinta di tengah pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, masker menjadi salah satu benda yang tak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Dalam berbagai kesempatan kita diimbau untuk tetap mengenakan masker untuk meminimalisir risiko penularan virus tersebut.

Rupanya masker juga dianjurkan untuk tetap dipakai ketika bercinta. Ya, dua pasangan suami istrinya sebaiknya juga menggunakan masker saat melakukan seks.

The Terrence Higgins Trust, Badan Amal Kesehatan, menyarankan orang menghindari berciuman, mengenakan masker dan memilih posisi yang tidak bertatap muka saat berhubungan seks.

“Ini mungkin terdengar sulit, tetapi orang perlu menemukan cara untuk menyeimbangkan kebutuhan kita akan seks dan keintiman dengan risiko penyebaran COVID-19", kata Trust seperti dikutip dari BBC.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilihan paling aman

Pilihan seks teraman di masa seperti ini, ujar Trust, masturbasi maupun menggunakan mainan seks. Namun, ini bukan berarti tidak boleh bercinta. 

“Idealnya harus dilakukan dengan orang-orang yang menjadi bagian dari rumah Anda,” tambah Trust.

3 dari 4 halaman

Tetap perhatikan jarak aman

Badan amal tersebut menyadari tak mungkin orang berhenti berhubungan seks dengan kondisi seperti ini. Karena itu, bercinta juga tetap memperhatikan jarak aman. Waspadai juga gejala COVID-19 yang mungkin Anda atau pasangan Anda miliki dan isolasi jika Anda memilikinya.

4 dari 4 halaman

Virus dapat menyebar melalui seks

Virus COVID-19 dapat menyebar melalui air liur, lendir, atau napas orang yang mengidapnya, bersamaan dengan kontak dengan permukaan yang keras.

 "Jika Anda akan saling menyentuh alat kelamin, kemungkinan Anda akan berpotensi berciuman pada saat yang sama - dan kami tahu virus itu menyebar melalui air liur," kata Dr Alex George kepada Radio 1 Newsbeat beberapa waktu lalu.

Dr Alex yang merupakan dokter A&E dan mantan kontestan Love Island dan mengatakan, kemungkinan penularan virus corona dari mulut ke tangan, alat kelamin, ke hidung atau mulut orang lain. 

Ia juga mengatakan, virus telah ditemukan dalam air mani dan kotoran. Itulah sebabnya Anda harus menggunakan kondom dan hindari melakukan seks oral untuk meminimalkan risiko.

Reporter: Melly Febrida

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.