Sukses

Mulia, Wanita Cantik Ini Sumbangkan Rambutnya yang Indah untuk Yayasan Kanker

Berikut tahapan-tahapan donasi rambut untuk yayasan kanker yang diperuntukkan bagi anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi setiap orang, rambut merupakan mahkota yang menghiasi bagian kepala. Maka dari itu, untuk menjaga keindahan rambut yang dimiliki, Anda perlu merawatnya dengan berbagai produk baik bahan alami maupun kimiawi. Untuk tampil lebih percaya diri, biasanya sebagian menata rambutnya dengan berbagai model. Ada yang menyukai model rambut panjang dan ada yang rambut rambut.

Jika Anda penyuka rambut pendek, di masa pandemi ini tentu menjadi bumerang bagi Anda. Sebab, seiring bertambahnya jangka waktu PSBB Anda akan kesulitan memangkas rambut kesayangan. Selain berpotensi tertular virus COVID-19, salon-salon juga jarang yang beroperasi di musim ini.

Namun, Anda jangan khawatir. Di balik musibah yang berdampak global terdapat berkah di dalamnya. Dari proses itu, Anda bisa memperpanjang rambut yang dimiliki untuk didonasikan bagi mereka yang membutuhkan. Seperti apa yang dilakukan oleh Cristina Lawby.

Dari video unggahannya lewat akun TikTok @cristinalawby, ia memperlihatkan bagaimana ia mencukur rambutnya untuk disumbangkan pada yayasan kanker yang terdapat di UK, Little Princess Trust.

Hal ini merupakan sejarah pertama bagi dirinya mencoba model rambut pendek yang sebelumnya tak pernah terlintas. Untungnya, model rambut ini cocok baginya dan nampak lebih cantik. Banyak warganet merespon dengan baik akibat perbuatannya.

"Salut buat kamu yang sudah cantik, mulia lagi. Apa yang kamu sumbangkan akan dilipatgandakan sama Tuhan," tulis akun @3m120t.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen-Momen Pangkas Rambut

Dengan niat dan kebulatan hatinya, dirinya mantap memangkas rambut yang telah ia rawat selama ini. Sebelumnya, Lawby belum pernah mencoba trend rambut pendek dan berkat keinginannya mendonor ia akhirnya merasa cocok dengan model rambutnya saat ini.

Sebagai penyumbang rambut, Lawby perlu melakukan tahapan-tahapan secara tepat agar rambutnya bisa didonorkan pada yayasan kanker anak yang berada di Inggris. Langkah awal, rambutnya dicuci terlebih dahulu tanpa diberikan conditioner.

Selanjutnya, rambut diukur terdahulu sepanjang 30 cm. Kemudian, rambut diikat yang dibagi beberapa bagian tergantung ketebalan rambut.Dan yang terakhir, pastikan rambut dikeringkan dengan semestinya. Hal ini supaya rambut yang dipotong menjadi tahan lama.

Di dalam proses donasi, ia dibantu juga oleh seorang influencer untuk mengirimkan potongan rambut miliknya ke yayasan tersebut lewat jasa pengiriman Singapura. Namun sayangnya, selama pandemi ini ia memberhentikan sementara, pasalnya masih terdapat beberapa negara yang lockdown yang menghambat pengiriman. Informasi ini telah dituliskan pada akun Instagram @mmehuillet.

3 dari 4 halaman

Ketentuan Rambut yang Diperbolehkan

Sebagaimana yang tertera pada situs Little Princess Trust menuliskan bahwa rambut yang direkomendasikan untuk didonasikan, yakni rambut yang dipotong minimum 17 cm untuk orang lokal, sedangkan orang asing minimumnya 30 cm. Tambah lagi, rambut yang dicat dengan warna yang tidak alami, henna, dan pewarna semi permanen, seperti biru dan ungu.

Lalu, rambut yang gimbal dan keriting akut. Hal ini dikarenakan pihaknya tak memiliki spesialis untuk mengurusi rambut dengan kondisi seperti itu. Selain itu, rambut hasil extension dan rambut yang bercabang juga tidak diperbolehkan.

Mulai gerah dengan rambut Anda, sabar dan tunggu sepanjang  30 cm untuk memotongnya agar bisa didonasikan ke yayasan kanker.  Dengan begitu, Anda bisa pangkas rambut sekaligus berbuat kebaikan. Selain orang dewasa, anak-anak kecil juga diperbolehkan untuk mendonor dengan persyaratan yang berlaku. 

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Unggahan tersebut sontak menarik perhatian warganet dan menanggapi dengan berbagai respons. Mulai dari pujian dan motivasi untuk melakukan hal serupa.

"Plis aku juga lagi niat kek gitu tapi bingung mau kirim ke mana yang trusted," kata akun @vionita_widta.

"Ka rambut aku udah panjang banget aku pengen sumbangin tapi caranya gimana sii ka," tulis akun @rino_aprini.

"Hatinya secantik wajahnya," ucap akun @vnessacn."Aku jadi semangat juga tumbuhin rambut buat donasi, kak bagi step dan aturan donggg," ucap akun @sarrrrrrrrr_.

"Pengen juga kak sumbangin rambut gitu, tapi rambut aku gak sebagus kakanya alias rusak bgt rambutku," ujar dwp07.

"Aku juga pernah dan rasanya bahagia banget. Lebih seneng lagi aku juga bisa jadi calon pendonor kornea mata ketika nanti aku udah gaada," tutr akun @akukuaci.

"Kalau di Indo ada ga ya yayasan yang terima donasi rambut?" balas akunqandiva.

Hingga kini, unggahan video tersebut telah mendapat hampir 98 ribu suka dan 775 komentar.

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.