Alasan Mengapa Kamu Harus Menutup Pintu Kamar Saat Tidur di Malam Hari

Oleh Camelia pada 11 Agu 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 11 Agu 2020, 15:00 WIB
Ilustrasi Kamar Hotel
Perbesar
Ilustrasi kamar hotel. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit individu yang memilih untuk menutup pintu kamar mereka saat hendak tidur di malam hari. Namun, sebagian juga lebih memilih untuk membiarkannya tetap terbuka. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki anak-anak.

Hal ini dilakukan agar orangtua bisa dengan mudah mendengar suara pergerakan anak-anak.

Tapi kamu dianjurkan untuk menutup pintu kamar saat tidur di malam hari. Mungkin tak banyak yang menganggap hal ini secara serius. Tapi menutup pintu kamar saat tidur di malam hari bisa membuatmu tetap aman dan nyaman sepanjang malam.

Melansir dari Brightside, Selasa (11/8/2020), berikut deretan alasan mengapa kamu perlu menutup pintu kamar saat tidur di malam hari.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Agar peluang terluka lebih kecil saat ada kebakaran

Ilustrasi Kebakaran
Perbesar
Ilustrasi Kebakaran (iStockphoto)​

Jika kamu membiarkan pintu kamar terbuka saat tidur dan tiba-tiba saja terjadi kebakaran di malam hari saat kamu terlelap, hal itu bisa membuat api menyebar lebih cepat ke dalam kamar.

Pintu yang tertutup akan memberikan kamu lebih banyak waktu untuk bertindak dan menyelamatkan diri dari api.


Menghalangi suara bising dari luar kamar

20160303-Ilustrasi Insomnia-iStockphoto
Perbesar
Ilustrasi Insomnia atau Susah Tidur (iStockphoto)

Menutup pintu kamar tentu bisa menghalangi kebisingan dan akan membuat kamu tidur nyenyak. Jika kamu tinggal di lingkungan yang bising, menutup pintu kamar adalah pilihan yang bagus.


Aman dari pencuri

Ilustrasi Maling di Rumah Korban
Perbesar
Ilustrasi Maling di Rumah Korban

Pintu kamar tidur yang tertutup atau, bahkan lebih baik lagi terkunci bisa membuat kamu aman dari pencuri. Tak hanya itu, pintu kamar yang tertutup juga bisa memberikan kamu kesempatan untuk bertindak cepat jika mendengar ada seseorang masuk ke rumah.

Ini juga akan memungkinkanmu untuk tetap lebih aman sambil menunggu polisi datang dan menyelamatkan.


Menyimpan energi positif di dalam kamar

Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi kasur di kamar tidur. (dok. pexels.com/@burst)

Mungkin banyak yang tak tahu bahwa salah satu prinsip Feng Shui tentang kamar tidur adalah menghindari tidur dengan pintu terbuka. Ini karena semua energi positif di dalam ruangan dapat keluar.

Menutupnya pintu kamar akan mencegah energi negatif masuk dan memberi rasa aman dan nyaman. Kamu juga akan memiliki pikiran yang lebih tenang dan damai.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya