Sukses

Setelah TikTok dan WeChat, Aplikasi Mana Lagi Terancam Sanksi Donald Trump?

Apa saja yang bakal terdampak bila WeChat dan sejumlah aplikasi dari perusahaan China dilarang?

Liputan6.com, Jakarta - Penguasa Gedung Putih Donald Trump telah mengeluarkan perintah eksekutif terhadap perusahaan teknologi China pada Kamis 6 Agustus 2020. Presiden Amerika Serikat juga melarang perusahaan China tersebut bertransaksi dengan Amerika setelah batas waktu 20 September 2020.

Mayoritas dari sanksi itu telah berfokus kepada TikTok, yang ditargetkan melalui perusahaan induknya, ByteDance. Hanya saja, perintah kedua dari pemerintah administrasi Trump dapat memiliki dampak yang jauh lebih tidak terduga. Menargetkan aplikasi teks WeChat dan perusahaan induknya Tencent.

Tencent adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, dan menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk membeli saham di studio video game, perusahaan musik, dan aplikasi media sosial. Tencent sendiri merupakan perusahaan yang lebih besar dari ByteDance.

Perusahaan itu juga memiliki saham di berbagai perusahaan lain. Sebut saja, Snap, Blizzard, dan Spotify. Semua itu terkenal di pasar global.

Perintah eksekutif Trump membuat hubungan tersebut ke dalam bahaya. Kendati, hubungan itu berada di luar konsekuensi hukum yang sempit dari perintah tersebut.

Saat Tencent merespons dan mitra bisnisnya dipaksa untuk memilih sisi, konsekuensinya bisa jauh lebih luas ketimbang yang disadari Gedung Putih --dan jauh lebih merusak bagi konsumen rata-rata.

Untuk saat ini, perhatian utamanya adalah WeChat, aplikasi chatting Tencent yang berbasis di China. Perintah eksekutif dimaksudkan untuk menargetkan WeChat secara khusus, seorang pejabat Gedung Putih yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada reporter LA Times Sam Dean.

"Kami sedang meninjau perintah eksekutif untuk mendapatkan pemahaman penuh," ucap seorang perwakilan Tencent kepada The New York Times.

WeChat adalah aplikasi chatting yang besar di China dan mereka juga menjadi aplikasi pembayaran, belanja, dan transaksi bisnis yang ada di mana-mana. Banyak perusahaan besar dan kecil menjalankan hampir seluruhnya melalui itu, dan jejaknya yang sangat besar di China telah menyebabkan beberapa penggunaan limpahan di Amerika Serikat.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1,5 Juta Pengguna WeChat di AS

Analis memperkirakan ada sekitar 1,5 juta pengguna WeChat AS, dibandingkan dengan 1 miliar di China.

WeChat juga memiliki perananan besar dalam berbagai sistem sensor dan pengawasan China, dan ada masalah keamanan nyata bagi minoritas pengguna di luar China. Jika semua perintah yang dilakukan adalah memblokir kemampuan orang Amerika untuk menggunakan WeChat, dampaknya akan cukup terbatas.

Masih tidak jelas apakah pelarangan dari Presiden Trump ini akan berdampak pada WeChat. Bahasa perintah ini luas, menggunakan Undang-Undang Kekuatan Ekonomi Darurat Internasional untuk melarang "transaksi apa pun yang terkait dengan WeChat oleh siapa pun, atau yang berkaitan dengan properti apa pun, tunduk pada yurisdiksi Amerika Serikat, dengan Tencent Holdings Ltd, atau apa pun anak perusahaan dari entitas tersebut, seperti yang diidentifikasi oleh Menteri Perdagangan."

Dan kami tidak akan tahu seberapa ketat Departemen Perdagangan dalam menegakkan aturan itu sampai penegakan dimulai.

Sebagian besar dampaknya juga akan berada di luar kendali Trump. Masih tidak diketahui bagaimana bank dan toko aplikasi akan menanggapi pesanan atau bagaimana Tencent sendiri kemungkinan akan membalas.

Bisnis apa pun dengan kepemilikan saham Tencent berpotensi terlibat karena kepergian Tencent secara tiba-tiba dari pasar dapat membuat situasi keuangan mereka menjadi kacau di tengah krisis ekonomi global. Sulit untuk mengatakan dengan tepat apa dampaknya, tetapi cakupan investasi perusahaan yang luas menunjukkan bagaimana hal-hal buruk bisa terjadi.

3 dari 4 halaman

Daftar Perusahaan Dimiliki Tencent

Tencent memiliki 100 persen Riot Games, pengembang League of Legends. Mereka juga pemilik minoritas terbesar di Fortnite dan pengembang Unreal Engine Epic Games, dengan 40 persen sahamTencent memiliki lebih dari 80 persen Supercell, studio di balik Clash of Clans.

Perusahaan itu juga menerbitkan versi seluler PUBG di China dan memiliki lebih dari 11 persen pengembang Bluehole. Tencent juga memiliki saham satu digit di berbagai studio game, termasuk Blizzard, Ubisoft, dan PlatinumGames.

Ada aplikasi perpesanan Tencent lain yang disebut QQ dengan beberapa ratus juta pengguna, meskipun itu ada sebelum WeChat dan berasal dari layanan pesan instan bergaya ICQ untuk Windows.

Perusahaan produksi dan distributor Tencent, Tencent Pictures, terlibat dalam produksi besar Hollywood seperti Wonder Woman, Venom, Terminator: Dark Fate, dan Top Gun: Maverick yang akan datang. Ia juga bertindak sebagai distributor film utama di China, dan memiliki saham minoritas di berbagai perusahaan produksi yang lebih kecil.

Tahun lalu, Tencent mencapai kesepakatan lima tahun senilai $ 1,5 miliar dengan NBA untuk mengalirkan permainannya di ChinaPemilik Snapchat, Snap, menjual 12 persen sahamnya ke Tencent pada 2017.

Tencent memiliki sekitar 14 persen Kakao, yang menjalankan platform Kakao Games dan Kakao Talk, aplikasi obrolan paling populer di Korea Selatan.

4 dari 4 halaman

Industri Game Turut Terdampak

Tahun ini, Tencent membeli 10 persen saham Universal Music Group Tencent memiliki 9 persen saham di Spotify, dengan keduanya bermitra di Tencent Music di Cina.

Sehingga perlarangan ini juga berdampak pada industri lainnya, yang berada di Amerika. Bukan berarti Top Gun akan memiliki pengunduran perilisan, namun NBA misalnya, diperkirakan akan kehilangan ribuan dollar. Atau bisa membuat para musisi kewalahan, karena selama pandemi ini, industri musik hanya berfokus pada online streaming. 

Yang pasti industri game akan mengalami dampak yang sangat besar. Jika bank berhenti membayar uang ke Tencent, maka perusahaan seperti Riot dan Supercell dapat langsung terpengaruh - dan game seperti League of Legends dan Clash of Clans dapat menghadapi masalah operasional yang belum pernah mereka tangani sebelumnya.

Meskipun Gedung Putih tidak bermaksud untuk menghapusnya dari toko aplikasi, keputusan tersebut pada akhirnya akan dibuat oleh Apple dan Google - dan seperti yang kita lihat dalam kegagalan Huawei, mereka bisa sangat malu jika menyangkut undang-undang sanksi.

Bila WeChat dari Apple Store, maka itu akan berdampak pada pasar iPhone di China, karena mereka menggunakan WeChat untuk berkomunikasi. Dampaknya akan lebih besar dibanding juga tidak ada Google di merek Huawei.

 

(Yohana Belinda/Hariz Barak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.