Sukses

6 Sisa Makanan Ini Sebenarnya Bisa Kamu Makan, Lho

Siapa sangka ternyata sisa makanan ini bisa Anda olah menjadi makanan.

Liputan6.com, Jakarta Sampah sisa makanan adalah masalah dunia dengan lebih dari sepertiga makanan yang terbuang. Kabar baiknya adalah ada beberapa sisa makanan yang dapat digunakan untuk diolah menjadi makanan lezat dan bergizi.

Awalnya mungkin Anda akan merasa aneh saat mengonsumsi sisa makanan tersebut. Tapi bila telah terbiasa, Anda akan membantu mengurangi sampah sisa makanan di dunia.

Lalu, apa saja sisa makanan tersebut? Seperti dilansir dari Brightside, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kulit telur

Orang dengan kekurangan kalsium bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan dari kulit telur. Ini kaya akan mineral penting.

Cara mengolahnya, ubah potongan kulit telur menjadi bubuk kalsium yang dapat Anda masukkan ke minuman smoothie Anda. Anda juga dapat mencampurnya ke makanan Anda.

 

3 dari 7 halaman

2. Kulit bawang bombay

Kulit bawang bombay memiliki khasiat yang kaya antioksidan. Meski banyak orang sudah menggunakannya untuk membuat kaldu sayuran, ada cara memasaknya tanpa membuang kulit itu setelahnya.

Rebus hingga lembut dan lentur, campur dengan minyak zaitun, lalu campur dengan resep tepung favorit untuk membuat adonan. Celupkan irisan bawang bombay ke dalamnya untuk menambah rasa, lalu goreng.

 

4 dari 7 halaman

3. Kulit pisang

Membuang kulit pisang seringkali dilakukan banyak orang. Meski rasanya agak pahit dan keras saat mentah, memakannya sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan kalium, magnesium, dan kalsium. Cobalah menggorengnya dengan minyak seperti menggoreng bacon.

 

5 dari 7 halaman

4. Batang dan daun stroberi

Bagian ini sering dibuang orang. Padahal batang dan daun strobersi kaya akan antioksidan, antiradang, elemen kardioprotektif, dan sifat pelindung saraf. Jika Anda tak menyukai rasa dan teksturnya, cukup campur dalam smoothie Anda.

 

6 dari 7 halaman

5. Kulit semangka

Kulit semangka biasa dibuang oleh kebanyakan orang. Faktanya, beberapa orang mengatakan kulit semangka memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan mentimun. Anda bisa mengolahnya sebagai camilan atau dicampur dengan acar sayuran lainnya setelah sebelumnya membersihkan bagian terluar kulit lalu memotongnya kecil-kecil.

 

7 dari 7 halaman

6. Kulit wortel

Siapa sangka, kulit wortel yang selama ini langsung Anda buang ternyata kaya akan vitamin C. Anda bisa mengolahnya menjadi pesto kulit wortel. Ini akan menjadi pelengkap sempurna untuk pasta Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.