Sukses

Warna Perlengkapan Makan Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya

Pemilihan warna yang tepat pada alat makan Anda ternyata juga berpengaruh pada nafsu makan. Ini dia penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian besar individu, menjalankan program diet menjadi tantangan berat. Apalagi harus mengatur asupan kalori yang tepat.

Memang diperlukan konsisten dan keinginan yang kuat untuk mendapatkan berat badan ideal. Untuk itu, setiap individu memiliki cara sendiri demi mendapatkan bentuk badan idaman. Namun, terkadang ada saja cara unik dan tak biasa orang-orang untuk bantu turunkan berat badan.

Namun, pernahkah kamu membayangkan perpaduan warna makanan dengan warna alat makan berpengaruh pada berat badan seseorang? Cara ini tentu tidak pernah terpikirkan olehmu, bukan?

Sebab, fokus kamu sibuk memperhatikan takaran kalori yang riskan gagal dalam masa penuran berat badan. Mungkin kombinasi takaran kalori dengan warna perlengkapanmu bisa lebih optimal dan tepat sasaran.

Berikut tips menurunkan berat badan dengan metode warna dan bentuk perlengkapan makan yang dilansir dari Timesofindia, Jumat (7/8/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Percampuran Warna Kontras

Porsi makan seseorang dapat lebih sedikit jika kontras warna antara piring dan makanan lebih tinggi. Maksudnya, di saat kamu memilih makanan yang terang, wajib hukumnya ambil piring yang lebih gelap. Dengan begitu, makananmu terlihat banyak dan sudah dipastikan terasa kenyang.

Berbeda dengan piring yang terang, hanya membuat Anda mengomsumsi makanan secara berlebihan.

3 dari 4 halaman

2. Warna Biru Pilihan terbaik

Memilih warna terang, membuatmu semakin sulit mencapai bentuk tubuh yang diidam-idamkan. Bagaimana tidak, warna kuning dan oranye hanya akan merangsang nafsu makan. Apalagi warna merah membuatmu semakin kelaparan karena meningkatkan tekanan darah dan jantung.

Maka untuk meredam nafsumu, memerlukan warna abu-abu, hitam, dan cokelat yang berguna mengantisipasi nafsu makan berlebih. Akan tetapi, warna birulah yang paling ampuh mengontrol porsi makanan.

4 dari 4 halaman

3. Pilih Alat Makan yang Kecil dan Tinggi

Ruang yang kecil pada tempat makanmu bisa menimbulkan efek asupan makanan yang banyak. Selain ruang yang sempit, pastikan tempatnya juga tinggi. Ruang tinggi dan sempit merupakan perpaduan yang pas untuk mengurangi porsi makan.

Sebaliknya, pemilihan alat makan yang luas cenderung memperlihatkan porsi yang sedikit sehingga timbul keinginan kamu untuk menambah porsinya. Tanpa disadari, hal ini akan melampaui porsi yang ditentukan dan asupan kalori jadi meledak. 

Semoga dengan pilihan warna dan ukuran alat makan yang tepat mendorong keberhasilan misi menurunkan beberapa kilogram asupan berlebih pada tubuhmu. 

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.