Sukses

Super Unik, Rumah Pria Ini Dihiasi Hampir 10 Ribu Piring Porselen

Pria bernama Nguien Van Truong tersebut mendekorasi rumahnya dengan hampir 10.000 mangkuk, piring, dan guci porselen.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu ingin memiliki rumah dengan dekorasi yang nyaman. Tak sedikit yang lantas menghias rumah sesuai selera masing-masing. Baru-baru ini seorang pria asal Vietnam menjadi viral lantaran dekorasi rumahnya yang unik.

Bagaimana tidak, pria bernama Nguien Van Truong tersebut mendekorasi rumahnya dengan hampir 10.000 mangkuk, piring, dan guci porselen.

Rupanya Truong telah menghabiskan 25 tahun terakhir hidupnya untuk mengoleksi barang antik. Truong pertama kali jatuh cinta pada barang-barang antik berbahan porselen pada tahun 1986, setahun setelah keluar dari tentara dan kembali ke desa asalnya, Kieu Son, di provinsi Vinh Phuc Vietnam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal mula terobsesi dengan barang antik

Saat itu dia mencari nafkah sebagai tukang kayu dan pada suatu waktu mendapat kesempatan untuk melukis meja dan kursi seorang kolektor barang antik lokal. Orang tersebut lah yang pertama kali memperkenalkannya pada keindahan hidangan porselen tradisional.

Truong sangat terkesan sehingga dia memutuskan untuk menjadi seorang kolektor juga. Dia lantas menjelajahi seluruh provinsi utara Vietnam untuk mencari benda-benda porselen tradisional. Dia bahkan tak segan untuk menghabiskan semua uangnya.

3 dari 4 halaman

Ditentang keluarga

Namun obsesi Truong dengan porselen sulit diterima oleh keluarganya. Terutama karena ia menghabiskan banyak uang bahkan sampai meminjam uang dari tetangga, kerabat, dan teman.

Dia lantas pergi berkeliling ke luar negeri, mengunjungi setiap tempat yang menjual piring-piring porselen hingga berbulan-bulan. Awalnya dia berniat untuk menjual koleksi porselen miliknya agar mendapat untung. Namun rupanya tak semudah itu. Jadi, alih-alih menjualnya, dia memutuskan untuk menimbunnya sampai dia tahu apa yang harus dilakukan dengan koleksi-koleksinya tersebut.

Namun Truong mengatakan bahwa dia takut koleksinya akan dicuri atau rusak jika dia menyimpannya di rumah. Jadi untuk memastikan koleksinya bertahan sepanjang waktu, ia memutuskan untuk memasukkan semuanya ke dalam rumahnya.

“Saya pikir satu-satunya cara untuk melindungi warisan leluhur kami adalah dengan menempelkannya ke dinding rumah saya,” kata Truong dikutip dari Oddity Central, Rabu (5/8/2020).

4 dari 4 halaman

Hampir 10 ribu piring dan mangkuk

Rumah Truong sekarang ditutupi hampir 10.000 piring porselen, mangkuk dan guci. Foto-foto rumah unik Truong ini pun menjadi viral di media sosial.

Kolektor mengatakan bahwa walaupun cantik, sebagian besar potongan yang dimasukkan ke dalam rumahnya relatif murah, meskipun ia memang memiliki beberapa potong yang berasal dari abad ke-17 dan ke-18.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.