Sukses

Kisah Pilu Pria Tunawicara Bersepeda dari Malang ke Jakarta Demi Cari Orangtua

Warganet diramaikan dengan sebuah unggahan perjuangan seorang pria tunawicara yang bersepeda dari Malang ke Jakarta demi mencari orangtuanya.

Liputan6.com, Jakarta - Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial tengah diramaikan dengan sebuah unggahan perjuangan seorang pria tunawicara yang bersepeda dari Malang ke Jakarta demi mencari orangtuanya.

Kisah tersebut pertama kali diunggah sebuah akun Twitter bernama @ruddierawk. Dalam unggahannya, ia menunjukkan potret pria tunawicara bernama Sutikno dan beberapa pesan melalui tulisan tangan di sebuah buku.

"Bantu viralkan! Nama: Sutikno, asal: Malang, Jawa Timur, dari Yayasan SLB Batu Malang. Ia seorang tunawicara bersepeda ke Jakarta mencari orangtuanya," keterangan dalam unggahan tersebut.

Namun tidak diketahui pasti sejak kapan Sutikno melakukan perjalanan dari Malang. Pria itu hanya mengatakan dirinya sudah bersepeda selama 18 hari hingga akhirnya sampai di Jakarta. 

"Ia tidak menjelaskan mulai kapan ia pergi dari Malang, ia hanya menulis kalo dia di Jakarta sudah 18 hari mencari Orangtuanya," lanjut @ruddierawk.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembali ke Malang Jika Tak Bertemu Orangtuanya

Akun tersebut pun bahkan meminta Sutikno untuk menunjukkan foto orangtua untuk mempermudah pencarian. Namun sayangnya, Sutikno tidak memiliknya. "Oia, sempat diminta foto orangtuanya untuk dipublikasikan ke medsos, tapi dia berkata dengan isyarat jika ia tidak mempunyai foto orangtuanya."

Kepadanya, Sutikno menjelaskan bahwa dirinya akan kembali ke Malang jika tak bertemu orangtuanya yang bernama ibu Nengsih dan pak Purnomo.

"Setelah ditawari makan untuk mengisi perutnya, ia menuliskan jika sampai lebaran ke-2 ini ia tidak menemui orangtuanya, ia akan kembali lagi ke Malang, Jawa Timur," kata @ruddierawk.

 

3 dari 4 halaman

Pesan untuk Orangtuanya

Sutikno bahkan menunjukkan tulisan yang diberi judul "Doa buat ibu dan ayahku."

"Doa buat ibu dan ayahku. Iya Allah ampunilah dosa-dosa kedua orangtua saya, nunkakan lah pintu rezeki dan umur panjang. Berikan pintu hidayahmu iya Allah," tulis Sutikno.

Meski tak bisa bertemu dengan kedua orangtuanya, Sutikno mengatakan bahwa dirinya akan selalu mendoakan orangtuanya.

"Walau pun diriku tak ketemu ibu, anakmu selalu berdoa buat ibu. Ku-ku cinta, tanpa ibu di dunia ini Tikno tak akan ada di dunia ini," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Viral

Unggahan tersebut sontak menarik perhatian warganet. Banyak dari mereka menanggapinya dengan berbagai respons.

"Ya ampun Tuhan... Salut banget! Semangat ya Mas Sutikno, semoga bisa bertemu orang tua," tulis akun @pawanmi2.

"Gimana ya caranya supaya orang orang ilang di Indonesia jadi mudah pencariannya, ga sanggup liat yang beginian, sedihhhh," kata akun @aliciadi94.

Hingga kini unggahan tersebut telah mendapat lebih dari 18 ribu retweet dan lebih dari 26 ribu suka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.