Deretan Manfaat Air Garam untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Oleh Yulia Lisnawati pada 03 Agu 2020, 14:03 WIB
Diperbarui 03 Agu 2020, 14:03 WIB
Tips Mengurangi Garam
Perbesar
Ilustrasi garam/copyright https://unsplash.com/@wjtuinstra

Liputan6.com, Jakarta - Garam menjadi penyedap rasa yang paling sering ditemukan di dapur. Selain menjadi penambah rasa untuk masakan, garam nyatanya bisa membantu meningkatkan kecantikan.

Air garam khususnya memiliki beberapa manfaat kecantikan untuk kulit dan rambut. Kamu bisa menggunakan air garam laut alami atau campuran yang kamu buat sendiri di rumah dengan menggabungkan garam dan air.

Nah, penasaran manfaat kecantikan lainnya dari air garam? Berikut ulasannya seperti melansir Boldsky, Senin (4/8/2020).

1. Untuk Menyembuhkan Luka

Mempercepat Penyembuhan Luka Pada Permukaan Kulit
Perbesar
Ilustrasi Luka Pada Permukaan Kulit Credit: pexels.com/pixabay

Sifat anti-inflamasi dari garam laut membuat proses penyembuhan luka lebih cepat dan lebih mudah. Mandi dengan air garam bisa membantu membunuh bakteri dan dengan demikian mencegah iritasi kulit. Ini juga meningkatkan hidrasi pada kulit sehingga membantu penyembuhan luka.

Yang perlu kamu lakukan tambahkan secangkir garam laut ke dalam bak mandimu yang diisi dengan air hangat. Kamu juga bisa menambahkan wewangian ke air tersebut dengan menambahkan beberapa tetes lavender atau minyak esensial kesukaanmu.

2 dari 5 halaman

2. Obat Kumur

ilustrasi berkumur mencegah radang tenggorokan/pexels
Perbesar
ilustrasi berkumur mencegah radang tenggorokan/pexels

Bau mulut umumnya disebabkan oleh bakteri. Air garam membantu membersihkan mulut dan mencegah bau mulut. Selain itu, ini juga membantu menenangkan segala jenis rasa sakit atau iritasi.

Kamu bisa dengan mudah membuat obat kumur DIY hanya dengan menambahkan garam ke air hangat. Lalu jadikan sebagai obat kumur selama beberapa detik. Ulangi jika perlu.

Jika kamu lebih suka menambahkan rasa ke dalam obat kumur, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak peppermint.

3 dari 5 halaman

3. Exfoliating

ilustrasi exfoliating pad/pexels
Perbesar
ilustrasi exfoliating pad/pexels

Tekstur garam yang kasar membuatnya cocok untuk pengelupasan kulit dan menjadi salah satu pengelupas terbaik untuk kulit. Ini membantu membersihkan pori-pori kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati. Juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mencerahkan warna kulit.

Yang perlu kamu lakukan yakni campur air dan garam laut untuk membuat pasta yang tidak terlalu tipis, lalu gosok perlahan campuran ini ke seluruh wajahmu dengan gerakan memutar dan bilas dengan air biasa.

Kamu juga bisa menggunakan scrub ini pada tubuhmu. Setelah itu, oleskan pelembab untuk mencegah kulit mengering.

4 dari 5 halaman

4. Atasi Jerawat

Menjadikan Kondisi Wajah Berjerawat Sebagai Bahan Candaan
Perbesar
Ilustrasi Kulit Berjerawat Credit: pexels.com/pixabay

Sifat penyembuhan air garam membantu dalam mengobati jerawat secara efektif dan cepat.

Yang kamu butuhkan hanyalah 1 gelas air dan 1 sendok makan garam laut. Lalu campur garam laut dalam air sampai benar-benar larut. Celupkan kapas ke dalam larutan ini dan oleskan pada bagian yang sakit.

Biarkan kering dan bilas dengan air biasa. Kamu bisa menggunakan larutan ini setidaknya sekali dalam sehari untuk hasil yang diinginkan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓