Sukses

Penampakan Koin Emas Pecahan Rp 500 Ribu yang Pernah Dicetak BI

Ternyata, Bank Indonesia pernah mengeluarkan koin emas berupa uang rupiah dengan pecahan Rp 500 ribu. Simak penampakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata, Bank Indonesia pernah mengeluarkan koin emas atau uang rupiah dengan pecahan Rp 500 ribu. Bukan uang kertas, uang dengan pecahan tinggi ini dikeluarkan dalam bentuk logam.

Seperti Liputan6.com kutip dari data Bank Indonesia, Sabtu 1 Agustus 2020, uang khusus atau koin emas ini diterbitkan dengan nama Uang Khusus 100 Tahun Pemimpin RI. Tahun emisi uang logam ini 2002.

Bank Indonesia menggunakan bahan yang cukup spesial. Logam dengan gambar belakang Garuda Pancasila ini terbuat dari logam emas warna kuning dengan kadar 0,9990.

Adapun berat uang ini 15 gram dengan garis tengan 28,00 mm dan kualitas proof. Uang ini diterbitkan dalam dua desain.

Pertama, tampilan depan bergambang Bung Karno. Kedua, tampilan depan Bung Hatta. Kedua koin emas itu sama-sama menggunakan desain Garuda Pacasila di sisi belakangnya.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sisi Depan

Secara detail, untuk tampilan depan, gambar utama Lambang Negara Garuda Pancasila. Selanjutnya terdapat teks "BANK INDONESIA" di bagian atas.

3 dari 4 halaman

Peringatan 1 Abad Bung Karno

Ada pula Logo Panitia Peringatan Satu Abad Bung Karno, di bagian tengah sisi kiri. Begitu juga untuk desain Bung Hatta. Terakhir, terdapat tahun penerbitan 2002 di bagian tengah sisi kanan.

4 dari 4 halaman

Tampilan Belakang

Untuk tampilan belakang, menampilkan gambar utama Bung Karno Proklamator RI. Terdapat teks "100 TAHUN BUNG KARNO (1901-2001)" di bagian atas. Begitu pula sebaliknya di uang dengan desain Bung Hatta. Serta, nilai nominal "Rp 500.000", di bagian bawah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.