Sukses

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Teh Celup Bekas untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Kini kamu tidak perlu membuang kemasan teh celup setelah digunakan, karena teh celup bekas memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit dan wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Teh menjadi salah satu minuman yang banyak disukai individu. Selain karena rasa dan aromanya yang khas, teh juga memiliki manfaat lain bagi tubuh.

Kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antipenuaan, teh nyatanya ampuh untuk membantu menjaga kulit sehat dan bercahaya.

Baik teh hijau dan teh hitam mengandung kafein dan antioksidan yang membantu memerangi jerawat dan memperlambat pembentukan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus.

Teh juga terdiri dalam beberapa bentuk, ada yang celup, tubruk dan bubuk. Nah, teh celup biasanya banyak digunakan karena lebih praktis. Namun, kini kamu tidak perlu membuang kemasan teh celup setelah digunakan, karena teh celup bekas memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit dan wajah.

Nah, penasaran apa lagi manfaat kecantikan lainnya dari teh celup bekas? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Minggu (2/8/2020).

1. Bibir Pecah-Pecah

Bibir yang pecah-pecah perlu dihidrasi secara teratur. Teh hijau paling cocok sebagai pelembab alami. Yang perlu kamu lakukan yakni mencelupkan kantong teh hijau ke dalam air hangat dan oleskan di bibirmu.

Simpan di bibirmu selama 5-10 menit, ulangi ini secara teratur setidaknya dua kali sehari untuk merawat bibir yang pecah-pecah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menenangkan Kulit

Teh chamomile adalah solusi terbaik jika kamu mengalami iritasi kulit atau peradangan. Ini membantu dalam menenangkan kulit gatal, kemerahan dan bercak bersisik pada kulit yang menyebabkan iritasi.

Rendam kantong teh chamomile dan oleskan pada area yang terkena dampak setiap hari sampai kamu melihat perubahannya. Kamu juga bisa menggunakan daun teh chamomile sebagai ganti kantong teh.

3 dari 5 halaman

3. Eksfoliasi Kulit

Antioksidan dalam daun teh membantu meningkatkan cahaya kulit. Kamu bisa menggunakan kantong teh dan daun teh bekas sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mendapatkan kulit yang sehat.

Setelah menggunakan kantong teh, biarkan kantong teh mengering. Potong kantong teh, ambil tehnya dan gosokkan di wajahmu dengan lembut dalam gerakan melingkar dengan ujung jarimu selama lima menit. Kemudian bilas dengan air.

4 dari 5 halaman

4. Menghilangkan Noda atau Bekas Luka

Daun teh mengandung asam tanat yang membantu merawat noda dan kulit terbakar yang menyejukkan. Yang harus kamu lakukan hanyalah menyeduh teh dan menyaringnya.

Biarkan teh menjadi dingin, kemudian celupkan handuk atau kapas ke dalam teh dan oleskan pada daerah yang terkena. Biarkan selama 30 menit dan kemudian basuh wajahmu dengan air dingin. Kamu juga bisa langsung mengoleskan kantong teh di wajahmu.

5 dari 5 halaman

5. Mengatasi Mata Bengkak dan Lingkaran Hitam

Teh mengandung kafein yang mengecilkan pembuluh darah dan mengobati lingkaran hitam di sekitar mata. Tanin dalam teh juga membantu dalam merawatnya.

Kamu bisa menggunakan teh atau dua kantong teh untuk ini. Basahi kantong teh dan oleskan pada lingkaran hitam atau mata bengkak. Biarkan selama 15-20 menit. Lakukan ini secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.