Sukses

5 Tips Mudah Merawat Perhiasan Agar Tetap Berkilau

Ada beberapa tips mudah yang bisa Anda coba untuk menjaga perhiasan agar tetap berkilau

Liputan6.com, Jakarta - Seperti banyak objek mewah lainnya, perhiasan memiliki aturan tersendiri dalam perawatannya. Hal itu dilakukan agar perhiasan tak kehilangan kilaunya dan nilainya menurun.

Melansir dari Channel New Asia, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar perhiasan tetap berkilau. Ini dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan dipakai saat tidur dan mandi

Ketika Anda mandi sambil mengenakan perhiasan, Anda mengeksposnya terhadap uap dan kelembaban. Bersama dengan zat emolien lainnya di perlengkapan mandi Anda, yang dapat menurunkan logam dari waktu ke waktu atau menumpulkan kilau permata berharga seperti berlian.

Tidur dengan perhiasan Anda juga merupakan hal yang harus dihindari. 

3 dari 6 halaman

2. Jangan digunakan saat beraktivitas berat

Jelas, jangan memakai perhiasan Anda saat berenang atau melakukan treadmill di gym. Tinggalkan aksesoris Anda di rumah atau di loker Anda ketika Anda melakukan aktivitas olahraga apa pun yang membuat Anda berkeringat.

Lepaskan cincin Anda saat melakukan memanggang atau memasak yang membutuhkan pengaduk atau pencampuran bahan dengan tangan Anda. Tak perlu dikatakan bahwa segala macam kuman jahat bisa bersembunyi di sudut dan celah cincin Anda. Terlebih lagi, bahan-bahannya dapat dengan mudah tersangkut di dalam celah perhiasan, yang sulit untuk dihilangkan secara menyeluruh.

4 dari 6 halaman

3. Disimpan dengan baik

Ada alasan mengapa kotak kulit kerang yang mewah selalu disediakan dengan pembelian perhiasan yang bagus - ini memberikan penyimpanan terbaik untuk aksesori berharga Anda.

Jangan pernah menyimpan banyak barang dalam kotak atau tas atau biarkan perhiasan Anda terbaring di permukaan yang keras - abrasi akan menyebabkan goresan pada permukaan yang mengkilap. Simpan perhiasan di dalam kantong atau wadah lunak dengan lapisan lembut.

5 dari 6 halaman

4. Bersihkan dengan Sabun

Jangan membersihkan perhiasan Anda dengan pasta gigi, cuka atau soda kue - tiga zat yang populer dikatakan membersihkan dengan cepat.

Barang-barang rumah tangga ini mungkin dapat menghilangkan kotoran secara efektif tetapi bisa terlalu keras pada perhiasan halus.

Jika Anda ingin membersihkan perhiasan di rumah, solusi sederhananya adalah mencampur air yang dicampur dengan beberapa tetes sabun pencuci piring ringan sudah cukup.

Rendam perhiasan di dalamnya selama lima hingga 10 menit dan kemudian bersihkan permukaan dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan kotoran yang terjebak di celah-celah kecil. Bilas dengan air, lalu bersihkan uap lembab dengan kain lembut dan letakkan perhiasan di atas kain kering agar kering sepenuhnya sebelum disimpan.

6 dari 6 halaman

5. Digunakan paling akhir

Selalu oleskan lotion, parfum, atau hairspray sebelum mengenakan perhiasan Anda, agar logam tidak bersentuhan dengan zat-zat seperti alkohol, yang dapat menodai, menimbulkan korosi, atau bahkan menyebabkan retakan pada aksesori berharga Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.