Sukses

Menurut Sains, 5 Hal Ini Sebabkan Nyamuk Begitu Tertarik pada Anda

Pernah bertanya-tanya mengapa Anda menjadi langganan digigit nyamuk?

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal di daerah tropis, nyamuk adalah serangga pengganggu yang tak terhindarkan. Parahnya, mereka dapat menjadi pembawa penyakit-penyakit berbahaya seperti demam berdarah, malaria, dan lainnya.

Faktanya, ada beberapa faktor yang membuat seseorang begitu menarik bagi nyamuk. Hal-hal ini lah yang patutnya Anda hindari jika ingin terhindar dari serbuan gigitan nyamuk.

Faktor-faktor apa saja itu? Melansir dari Bestlifeonline, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mengenakan pakaian merah, hitam, atau biru tua

Kabar buruk bagi Anda yang suka pakaian berwarna hitam. Warna pakaian yang Anda kenakan ternyata dapat membuat serangga berkerumun.

"Mengenakan pakaian hitam, biru tua, atau merah dapat membuat Anda menjadi magnet nyamuk," kata Nicole L. Baumann-Blackmore, MD dalam sebuah wawancara dengan blog LiveWell dari UnityPoint Health.

 

3 dari 6 halaman

2. Anda habis minum bir

Bagi banyak dari kita, tak ada yang lebih baik daripada menikmati udara malam yang gerah dengan minum bir di teras. Sayangnya, minuman ini ternyata dapat membuat nyamuk lebih haus darah Anda.

"Satu syudi menunjukkan bahwa nyamuk tertarik pada orang yang minum bir," kata Nicole.

 

4 dari 6 halaman

3. Anda berkeringat

Menurut para ahli, saat Anda berkeringat, nyamuk jadi lebih tertarik untuk menggigit Anda.

"Zat seperti amonia dan asam laktat yang ditemukan dalam keringat diketahui menarik nyamuk," ujar Nicole.

 

5 dari 6 halaman

4. Anda kepanasan

Secara genetik, orang yang memiliki suhu tubuh alami yang tinggi dapat bertindak sebagai suar bagi serangga penggigit.

"Isyarat seperti suhu tubuh, karbon dioksida dalam napas, dan bahan kimia tertentu pada kulit seperti asam laktat, semuanya membantu nyamuk mengorientasikan dan menemukan makanan mereka," tulis profesor entomologi Universitas Wisconsin-Madison dan pakar nyamuk Susan Paskewitz, PhD.

"Olahraga meningkatkan tingkat ketiga sinyal, membuat orang lebih rentan terhadap gigitan nyamuk selama atau setelah berolahraga," tambah dia.

 

6 dari 6 halaman

5. Sedang hamil

Lonjakan alami pada suhu tubuh yang dialami wanita hamil dapat membuat mereka lebih menarik bagi nyamuk. Sebuah studi tahun 2000 yang diterbitkan dalam British Medical Journal menemukan bahwa wanita hamil dua kali lebih menarik bagi nyamuk daripada yang tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.