Sukses

Ini Alasan Mengapa Pintu Pesawat Ada di Sebelah Kiri

Tentu ada alasan khusus kenapa pintu penumpang pesawat selalu berada di sisi kiri.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat menjadi salah satu transportasi publik yang banyak digunakan masyarakat untuk berpergian. Namun, tahukah kamu mengapa pintu pesawat selalu berada di sebelah kiri?

Akun Instagram @pesawatr80 pun membeberkan alasannya. Penempatan pintu pesawat di sebelah kiri dilakukan untuk memisahkan aktivitas para penumpang dengan kru di luar pesawat.

Alasannya, selain mengangkut penumpang, pesawat juga diisi barang-barang milik penumpang yang tidak masuk ke dalam kabin. Agar pekerjaan para kru tidak terganggu, maka pintu pesawat dibuat di sisi kiri, sementara untuk bagasi berada di sisi sebelah kanan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak hanya di Indonesia

 

Bukan hanya di Indonesia, penggunaan sisi kiri sebagai pintu keluar masuk juga dilakukan pada maskapai penerbangan internasional lainnya. Pabrik-pabrik pembuatan pesawat pun saat merancang pesawat menggunakan standar tersebut.

"Bandara dulu disiapkan agar pesawat bisa menerima taxi (proses jalan di darat menuju runway) di depan terminal dan berhenti untuk mengeluarkan penumpang. Tujuannya, agar pilot bisa mempertimbangkan jarak ruang sayap dari gedung terminal dan memasang pintu pesawat di depan pintu terminal," terang seorang mantan pilot Angkatan Udara Amerika Serikat di Quora, seperti dilansir dari laman Travel and Leisure.

Selain itu, ada penjelasan lain kenapa pilot duduk di bagian sisi kiri, sedangkan co-pilot di sisi kanannya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pilot mengontrol kedekatan sayap pesawatdengan terminal bandara.

3 dari 3 halaman

Tangki Bahan Bakar

Alasan lainnya penggunaan sisi kiri pesawat terbang sebagai pintu keluar masuk, karena bagian kanan terdapat tangki bahan bakar. Karena itu, akan lebih baik kalau penumpang menggunakan pintu di arah sebaliknya.

"Akses bahan bakar ke pesawat terbang komersial banyak dilakukan di sisi kanan pesawat terbang. Sehingga pemisahan penumpang dari kegiatan servis darat mengurangi risiko cedera akibat kendaraan yang bergerak," terang akun Instagram @pesawatr80 dalam unggahannya pada 14 Juli 2020.

Hal serupa dijelaskan pihak Otoritas Penerbangan Sipil Inggris. Menurut mereka, akses masuk pesawat selalu dibuat di sisi kiri. Tujuannya, karena ada pergerakan kendaraan di sisi kanan. Selain itu juga karena ada pengisian bahan bakar maskapai komersial meski tidak semua pengisian dilakukan di sisi kanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.